Opini  

Bimbingan Keselamatan Berkendara bagi Pemuda Pengangkut Buah Sawit di Nagari Koto Padang

ilustrasi
ilustrasi

Oleh: M. Yasep Setiawan, S.Pd., M.T. – Ketua Pelaksana

Dharmasraya – Tim Dosen Departemen Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang kembali sukses melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2023 dengan mengusung tema “bimbingan keselamatan berkendara bagi pemuda” di Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya.

Sebagai mitra PKM ini, Nagari Koto Padang bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Koto Baru sebagai tempat pelaksanaan kegiatan, karena secara geografis berada di kecamatan yang sama sehingga kegiatan dapat dilaksanakan secara kondusif.

Kegiatan PKM ini diketuai oleh M. Yasep Setiawan, S.Pd., M.T. dengan anggota Ahmad Arif, S.Pd., M.T. dan Ichsan Nasution, S.Pd., M.T. yang turut serta menyusun dan merancang kegiatan ini. Latar belakang kegiatan ini adalah karena tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang disebabkan oleh kelalaian dan kurangnya kesadaran mematuhi peraturan lalu lintas, terutama di kalangan generasi muda.

Baca Juga  Menangkan Pemilu Legislatif dengan Data

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya berkendara yang aman, khususnya bagi generasi muda yang rawan mengalami kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi kecelakaan dan cedera akibat kerja akibat kesalahan operasional kendaraan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 8 September 2023 di SMK Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya dengan peserta para pemuda pengangkut buah sawit di Nagari Koto Padang.

Pelatihan ini diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Bapak Zainal Arifin selaku Wali Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru yang didampingi oleh Ibu Gustina, S.Pd., M.Si. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.

Materi mengenai kendaraan dan keselamatan berkendara diberikan oleh dua instruktur yaitu Wawan Purwanto, S.Pd., M.T., Ph.D. dan Toto Sugiarto, S.Pd., M.Si. Kegiatan selanjutnya adalah praktek merangkai sistem penerangan sepeda motor yang dibimbing oleh Nuzul Hidayat, S.Pd., M.T.

Baca Juga  Makna yang Terkandung dalam Pepatah Minang "Malu jo Sopan, Baso Basi dan Buruak Muko Camin Dibalah"

Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan ini sehingga mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang keselamatan berkendara yang selama ini belum seluruhnya mereka ketahui.

Kegiatan PKM dengan judul “Bimbingan Keselamatan Berkendara bagi Pemuda Pengangkut Buah Sawit di Nagari Koto Padang Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya” ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (LPPM UNP) dengan nomor kontrak: 2064/UN35.15/PM/2023.

Wali Nagari Koto Padang dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Koto Baru mengucapkan terima kasih kepada Tim PKM Departemen Teknik Otomotif FT UNP atas pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman bermanfaat yang telah diberikan kepada pemuda.

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan penyerahan dengan serah-terima satu (1) unit trainer kit sistem penerangan sepeda motor secara simbolis dari ketua tim pelaksana kepada kepala sekolah SMK Negeri 1 Koto Baru. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *