Sport  

Tumbangkan Vietnam 1-0, Timnas Indonesia Bidik 16 Besar Piala Asia 2023

Padang, fajarharapan.id – Timnas Indonesia meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0 melawan Vietnam dalam pertandingan matchday 2 Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdulah bin Khalifa, Qatar, Jumat 19 Januari 2024 malam.

Gol tunggal dicetak melalui eksekusi penalti yang brilian oleh Asnawi Mangkualam, membawa Indonesia naik ke peringkat 3 klasemen AFC Asian Cup 2023, menggusur posisi The Golden Star Warriors di Grup D.

Kemenangan ini menjadi tonggak penting bagi pasukan Shin Tae-yong, membuka peluang besar untuk melaju ke 16 besar Piala Asia 2024. Awalnya terkendala di posisi juru kunci Grup D, Timnas Indonesia kini berhasil menempatkan diri di peringkat 3 dengan 3 poin dari 2 pertandingan. Kini, langkah mereka selanjutnya akan ditentukan dalam pertarungan krusial melawan Jepang pada Selasa, 24 Januari 2024.

Dalam pertandingan melawan Vietnam, Timnas Indonesia menampilkan performa gemilang dengan formasi 5-4-1, mengandalkan Sandy Walsh dan Egy Maulana Vikri yang dipercayakan oleh Shin Tae-yong sejak awal. Rafael Struick memegang peran penting sebagai penyerang tunggal, sementara Vietnam menampilkan formasi 3-4-2-1 dengan Nguyen Van Tung sebagai ujung tombak.

Baca Juga  Antusiasme Erick Thohir: Justin Hubner Resmi Perkuat Timnas Indonesia

Babak pertama diwarnai oleh penampilan solid Timnas Indonesia di lini tengah, berhasil menghambat pergerakan Vietnam. Rafael Struick menciptakan peluang pada menit pertama, namun kiper Vietnam, Filip Nguyen, tampil gemilang dengan penyelamatan ciamik.

Keunggulan Timnas Indonesia akhirnya tercipta pada menit 39 melalui eksekusi penalti yang dinginkan Asnawi Mangkualam setelah jersey Struick ditarik di kotak terlarang.

Babak kedua menyaksikan Vietnam bermain lebih agresif, terus mencari celah di pertahanan Indonesia. Meskipun Vietnam menekan, Timnas Indonesia dengan gigih mempertahankan keunggulan mereka. Shin Tae-yong melakukan perubahan pemain dengan masuknya Witan Sulaeman, Adam Alis, dan Hokky Caraka.

Vietnam harus menerima kartu merah pada akhir pertandingan, membuat mereka bermain dengan 10 orang. Meskipun ada beberapa peluang dari Timnas Indonesia, skor tetap 1-0 hingga peluit akhir. Kemenangan ini menandai persiapan mantap Indonesia menjelang laga pamungkas melawan Jepang, sambil meraih peluang emas untuk melaju ke 16 besar Piala Asia 2024.

Formasi Pemain:

  • Timnas Indonesia (5-4-1): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam (Witan Sulaemen 56′), Sandy Walsh, Jordi Amat (Rizky Ridho 70′), Justin Hubner, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri (Adam Alis 67′); Rafael Struick (Hokky Caraka 68′).
  • Vietnam (3-4-2-1): Filip Nguyen; Nguyen Thanh Binh, Bui Hoang Viet Anh, Phan Tuan Tai; Pham Xuan Manh (Vu Van Tanh 89′), Nguyen Tuan Anh, Nguyen Tai Son (Le Pham Than Long 46′), Vo Minh Trong; Nguyen Quang Hai (Nguyen Van Toan 72′), Pham Tuan Hai (Khuat Van Khang 46′), Nguyen Van Tung (Nguyen Van Truong 79′).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *