Kelor, Pohon Ajaib Penuh Manfaat, Menggali Khasiat Antioksidan hingga Sumber Nutrisi untuk Tubuh

Daun kelor dan manfaat untuk kesehatan.
Daun kelor dan manfaat untuk kesehatan.

Fajarharapan.id Kelor atau Moringa oleifera, dengan ciri khas daun kecilnya, bukan hanya tumbuh subur di tanah kurang subur, tetapi juga memiliki sejarah panjang sebagai bahan dalam pengobatan tradisional, jamu, dan ritual mistis. Penelitian mendalam menemukan bahwa WHO bahkan menobatkan pohon kelor sebagai “miracle tree” setelah mengungkap manfaat penting dari daun kelor.

Lebih dari 1.300 studi, artikel, dan laporan menggambarkan berbagai manfaat kelor, membuktikan kemampuannya dalam mengatasi tantangan kesehatan dan masalah gizi. Setiap bagian tanaman kelor, ternyata memiliki khasiat yang signifikan, dapat dimanfaatkan dalam berbagai cara. Mari kita kupas lebih lanjut mengenai kandungan kelor yang luar biasa ini.

  1. Mengandung Banyak Antioksidan
Baca Juga  Ini Tips Membuat Gigi Putih Bersih dan Sehat dengan Bahan Rumahan

Antioksidan, seperti quercetin dan asam klorogenik, yang terkandung dalam daun kelor, telah terbukti melawan radikal bebas dalam tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi terkait dengan stres oksidatif, penyebab penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

  1. Nutrisi Kaya untuk Tubuh

Dalam 20 gram daun kelor yang dipotong, terdapat berbagai nutrisi, termasuk protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, riboflavin (vitamin B2), vitamin A, dan magnesium. Sejumlah nutrisi ini mendukung kesehatan secara menyeluruh.

  1. Kandungan Anti Inflamasi

Isotiosianat dalam daun kelor memiliki sifat antiperadangan, membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Sifat anti-inflamasi ini menjadi penting mengingat peradangan kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga  Penemuan Obat Alternatif Baru Membawa Harapan bagi Pasien
  1. Senyawa untuk Kesehatan Mata

Kandungan seperti flavonoid, betakaroten, zeaxanthin, tain, dan lutein dalam daun kelor berperan dalam menjaga kesehatan mata, melawan peradangan, menurunkan kolesterol, dan mengatasi masalah asam lambung.

  1. Sumber Vitamin C

Kaya akan vitamin C, daun kelor membawa manfaat besar untuk kesehatan, termasuk mencegah penyakit kronis, serangan jantung, dan mempercepat penyembuhan luka. Kadar vitamin C yang tinggi juga berhubungan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit stroke, seperti ditemukan dalam penelitian di American Journal of Clinical Nutrition.

Jadi, mari kita gali lebih dalam potensi ajaib dari pohon kelor ini, menjadikannya sahabat kesehatan yang tak ternilai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *