Halal Bi Halal Keluarga Besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama Luhah Rio Mendiho : Ajang Memperat Silaturahmi

Sungai Penuh – Hari ke lima Idul Fitri 1445 Hijriah, Keluarga Besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama Luhah Rio Mendiho, melaksanakan Halal Bi Halal, di Rumah Agusman Depati, Desa Gedang, Kota Sungai Penuh, Minggu, 14 April 2024.

Ketua Panitia Halal Bi Halal Yusran menyampaikan terimakasih kepada seluruh keluarga besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama dan donatur yang telah ikut membantu sehingga terselenggara acaranya acara tahunan ini dengan sukses serta penuh haru.

Acara Halal Bi Halal dihadiri ratusan keluarga besar pintu Depati Santiodo Tuo Tiang Agama, yang terdiri dari Uhang Tuo, Permanti, anak batino, dusanok tino, serta anak kemenakan serta cucu.

“Dengan Halal Bi Halal kita pererat silaturahmi dan kita tingkatkan kepedulian sosial serta ketaqwaan kepada Allah SWT”, itulah tema yang diangkat pada acara Halal Bi Halal keluarga besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama Luhah Rio Mendiho.

Ketua Keluarga Besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama Depati Agusman menyebutkan, ada tiga program pada Halal Bi Halal pertama setelah 23 tahun tidak dilaksanakan.

Baca Juga  Wakil Gubernur Jambi Ikuti Apel Online Terkait Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024

“Program kita yaitu mempererat silaturahmi, meningkatkan solidaritas sosial serta peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT dan Insya Allah tahun depan akan dilaksanakan pemotongan sapi,” sebut Depati Agusman juga Camat Sungai Penuh.

Disamping melaksanakan Halal Bi Halal merupakan acara tahunan, juga dilaksanakan acara pertemuan rutin berupa arisan, ceramah agama dan solidaritas sosial setiap bulan ditempat yang sama yakni di rumah Depati Agusman.

Selain itu, penasehat atau uhang Tuo Keluarga Besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama Maifendri menjelaskan, untuk selanjutnya agar silaturahmi ini tetap berlanjut, perlu dukungan semua keluarga besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama.

“Selama ini Keluarga Besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama selama ini masih terpisah-pisah, ada yang di Sungai Penuh, Koto Lanang, Koto Majidin, Lubuk Suli serta dari luar daerah,” ujar Maifendri juga Ketua Lembaga Adat Enam Luhah Sungai Penuh.

Selanjutnya, Maifendri berharap peningkatan kepedulian sosial dari keluarga besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama, tanpa membedakan status sosial.

Baca Juga  Wako Ahmadi Zubir Shalat Idul Fitri Bersama Warga di Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh

Setelah lebaran, pada acara rutin bulanan akan dilaksanakan pendidikan agama, seperti penyelenggaraan jenazah dan lain-lain.

Sementara itu, Tuo Tagane Janteang Yuspet Helmi mengatakan, ke depan perlu selektif untuk mengangkat para Depati dan Tuo Rio agar lebih berkualitas dan memiliki kemampuan dalam mengurus anak kemenakan.

Acara Halal Bi Halal disisi dengan pembacaan Ayat Suci Alquran, makan bersama, pengumpulan dana sosial dan terkumpul dana enam juta rupiah serta foto bersama serta acara hiburan. (al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *