Agam  

Sosok Inspiratif Putra Ranah Minang, H. M.Y Kasmir Sukses Bisnis Alat Berat, Kini Miliki Aset Miliaran Rupiah

Agam, fajarharapan.id – Kisah inspiratif si gembala sapi dari Jorong VI Parit Panjang, Nagari Lubukbasung, Kabupaten Agam jadi pebisnis alat berat.

H. M. Y Kasmir patut dijadikan contoh inspiratif di Sumatera Barat karena kegigihannya dalam meraih sukses patut ditiru generasi muda.

Bukti nyata berkat kegigihannya dalam meraih sukses, H. M Y Kasmir saat ini sudah memiliki seribu lebih alat berat dan karyawan yang tersebar diberbagai wilayah Indonesia.

Menurut informasi berbagai sumber yang dirangkum, saat ini M.Y Kasmir memiliki sebanyak 1.275 unit alat berat yang terdiri dari bermacam – macam merk dan jenis di pertambangan dengan harga rata-rata miliaran rupiah ini.

Meskipun hanya mengenyam pendidikan sampai STM Negeri 1 Bukittinggi, Kasmir tidak gampang menyerah karena teringat dengan pesan almarhum orang tua beliau untuk terus belajar supaya bisa menjadi orang sukses. Ia pun rela bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Bukittinggi untuk menopang ekonomi keluarga kini menjadi salah satu orang terkaya dari Ranah Minang.

Setelah menyelesaikan pendidikan STM, pada tahun 1970, M.Y Kasmir merantau ke Jakarta dengan modal menjual 1 ekor sapi hasil dari upah gembalanya waktu masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga  Ketua Umum Special Olympics Indonesia Cabang Agam Dikukuhkan

Dimulai sebagai Helper, Mechanic, dan Operator alat berat, beliau menapaki tangga kesuksesan dengan tekun, mampu membuka lapangan pekerjaan untuk yang membutuhkannya.

Ribuan karyawan telah dipekerjakan pada perusahaan milikinya menjadikan M. Y Kasmir deretan orang sukses dari Ranah Minang adalah satu kebanggaan tersendiri bagi sanak saudara sekampung halaman di Jorong VI Parit Panjang, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Saat ini M.Y Kasmir sudah mempekerjakan ribuan tenaga kerja untuk ikut memajukan perusahaan yang dimilikinya, ditambahkan dengan pasar Arkato salah satu bidang usaha yang digeluti sejak lama di kaki gunung Salak Cijeruk, Jawa Barat.

Membangun Kerajaan Bisnis Alat Berat

M.Y Kasmir saat ini sudah memiliki 5 buah perusahaan dan bisnis lainnya yang bergerak di bidang alat berat dan konstruksi, yaitu:

1. PT Uniteda Arkato
Penyewaan alat-alat Berat saat ini berjumlah sebanyak 1.275 unit yang terdiri dari berbagai jenis dan type dengan harga rata-rata 5 milyar rupiah per unitnya.

2. PT Arkadaya Contraktor
Kontraktor golongan B.
Pernah mengerjakan Dump di Rangkasbitung dan Subang.
Sedang mengerjakan :
Tambang Emas di Banyuwangi.
Tambang Tembaga di Pulau Wetar. Tambang Nikel di Morowali. dan lain lain.

Baca Juga  Bupati Agam; Pengurus Muhammadiyah Diharap Mampu Bersinergi

3. PT Arkadiya
Dealer alat berat Forestry merk KESLA dari Firlandya.

4. PT Uniteda Arkato Harvesting. Kontraktor Pengupasan Kayu.

5. PT Arkato Rajawali:
Tambang Batu Balok

Pesan Moral dari Kisah H. M Y Kasmir

Kisah H. M Y Kasmir merupakan bukti nyata bahwa kerja keras, ketekunan, dan pantang menyerah adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan.

Meskipun berasal dari latar
belakang keluarga sederhana, M.Y Kasmir berhasil mengubah nasibnya menjadi salah satu deretan pengusaha alat berat terbesar di Indonesia.

Kisah inspiratifnya menjadi motivasi bagi banyak orang untuk tidak mudah menyerah dalam meraih mimpi mereka.

M Y Kasmir adalah sosok inspiratif yang patut diteladani. Kisah hidupnya bahwa dengan tekad dan kerja keras, segala rintangan dapat dilewati dan mimpi pun dapat raih.

Bagi para generasi muda, kisah H. M Y Kasmir menjadi motivasi untuk terus belajar, berkarya, dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *