6 Jenis Kacang-Kacangan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Kacang-Kacangan
ilustrasi

Jakarta – Ingin menurunkan berat badan dan tetap bisa konsumsi makanan enak? Simak 6 jenis kacang-kacangan terbaik yang bisa Anda konsumsi saat diet.

Saat ingin menurunkan berat badan, hal terpenting adalah bukan perkara Anda makan sedikit atau banyak. Namun, ini tentang apa yang masuk ke dalam tubuh Anda dipastikan haruslah makanan yang benar atau sehat.

Kacang adalah salah makanan tepat yang baik dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan, termasuk untuk dijadikan camilan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrients, kacang-kacangan kaya akan protein dan serat, dua nutrisi yang meningkatkan rasa kenyang untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Kacang juga tinggi lemak tak jenuh yang dapat membantu mengurangi penumpukan lemak tubuh. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat meningkatkan termogenesis sehingga membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Meski demikian, tak semua jenis kacang bagus dikonsumsi untuk diet. Dietitian Kelsey Kunik membagikan daftar kacang terbaik untuk diet.

  1. Kenari
    Dikemas dengan lemak sehat, serat, dan protein, walnut atau kenari adalah camilan mengenyangkan yang membantu menjaga nafsu makan Anda.
    Campuran unik antioksidan dan asam lemak omega-3 dalam kenari membedakannya dari jenis kacang lain, mendukung penurunan berat badan, dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

“Kacang kenari sangat tinggi asam lemak omega-3 dan berhubungan dengan rendahnya kadar kolesterol LDL jika dimakan secara teratur,” kata Kunik melansir Eat This Not That.

“Penelitian juga menemukan bahwa makan kenari mengubah aktivasi bagian tertentu di otak yang berhubungan dengan pengendalian diri terhadap makanan tinggi lemak dan tinggi gula, yang bisa menjelaskan mengapa makan kenari dapat membantu penurunan berat badan.”

Baca Juga  RSUD dr R Soetrasno Rembang Tambah Fasilitas Pemasangan Ring Jantung
  1. Kacang tanah
    Jenis kacang yang ukurannya kecil ini kaya akan kandungan protein dan serat yang menjadikannya sangat baik dalam mengekang rasa lapar. Kacang tanah juga dapat membantu menjaga atau mengatur berat badan.

“Makan kacang meningkatkan peptida YY, hormon yang mengurangi nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat membantu Anda merasa lebih kenyang, mengurangi jumlah kalori yang dimakan,” jelas Kunik.

  1. Almond
    Almond dikenal sebagai kacang yang rasanya enak, bertekstur renyah, dan kaya nutrisi.

Dikemas dengan lemak dan protein sehat, makanan ini memberikan energi tahan lama, membuat Anda kenyang dan puas. Tinjauan ekstensif pada 2021 menyimpulkan bahwa almond secara signifikan menurunkan massa tubuh.

“Para peneliti telah menemukan bahwa makan lebih dari 42,5 gram (sekitar 1,5 ons) almond setiap hari secara signifikan menurunkan kolesterol LDL dan tekanan darah diastolik,” kata Kunik.

Selain itu, kata dia, almond, juga mengurangi rata-rata massa tubuh dan massa lemak dibandingkan dengan diet kontrol. Almond juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan magnesium yang bagus.

  1. Pistachio
    Pistachio disebut lebih rendah kalori dibandingkan kacang lainnya, menjadikannya pilihan untuk penurunan berat badan yang bijaksana.
    Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa makan 1,5 ons pistachio per hari dapat membantu intervensi penurunan berat badan, memiliki hasil penurunan berat badan yang serupa dengan intervensi penurunan berat badan tanpa pistachio.
Baca Juga  Satgas Yonif 310/KK Bersinergi Dengan Puskesmas Gelar Posyandu di Perbatasan

Selain itu konsumsi pistachio juga memiliki manfaat tambahan berupa penurunan tekanan darah dan peningkatan konsentrasi antioksidan.

  1. Kacang mete
    Selain almond, kacang mete juga jenis kacang yang enak untuk dijadikan camilan. Kacang ini lebih rendah lemak dibandingkan kacang lainnya, dan kerenyahannya yang memuaskan dapat menjadikannya alternatif yang bagus untuk camilan yang kurang sehat.

“Kacang mete adalah sumber magnesium yang sangat baik, dengan 20 persen dari nilai harian Anda ditemukan hanya dalam satu ons,” kata Kunik.

Meskipun magnesium tidak berhubungan langsung dengan penurunan berat badan, banyak orang Amerika tidak mendapatkan cukup mineral penting yang dibutuhkan untuk mengontrol gula darah dan mengubah makanan menjadi energi.

  1. Hazelnut
    Dikemas dengan lemak dan serat yang menyehatkan jantung, hazelnut dapat mencegah rasa lapar di antara waktu makan. Itu karena hazelnut mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang berbahaya sekaligus mendukung penurunan berat badan.
    “Hanya satu ons hazelnut menyediakan 28 persen nilai harian vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak dengan sifat antioksidan kuat untuk mendukung penurunan berat badan,” jelas Kunik.

Jadi, selain memberikan Anda rasa kenyang, konsumsi kacang-kacangan ini juga dapat membantu Anda dalam perjalanan penurunan berat badan yang sehat dan lezat.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *