Harga Motor Balap Marc Marquez di MotoGP: Sejuta Rasa dan Satu Miliar Rupiah

Harga Motor Marc Marquez.
Harga Motor Marc Marquez

Jakarta – Marc Marquez, bintang MotoGP, selalu tampil spektakuler di lintasan dengan motor Honda RC213V tim Repsol Honda. Namun, berapa sebenarnya harga motor balap tersebut? Menurut informasi dari Box Repsol, motor balap pabrikan seperti yang digunakan Marc Marquez memiliki harga mencapai 3 juta euro atau setara dengan Rp49,96 miliar.

Tentu saja, angka ini mengejutkan, namun ada alasan kuat di baliknya. Harga yang fantastis ini tidak hanya mencakup motor itu sendiri, tetapi juga perangkat elektroniknya, seperti sensor, kabel, dan panel yang dapat mencapai 100 ribu euro hanya untuk satu unit.

Sebuah set kit rem depan sendiri mencapai 70 ribu euro, belum termasuk pajak. Ban Michelin, yang menjadi pilihan umum di motor balap MotoGP, memiliki harga sekitar 1,2 juta euro per set dengan teknisinya.

Baca Juga  Kisah Kontroversial di MotoGP, Valentino Rossi vs Max Biaggi

Selain itu, ada biaya perjalanan, teknisi, dan staf yang terlibat dalam perawatan motor ini, yang bisa mencapai hingga 30 orang. Semua ini menjadikan harga motor yang digunakan oleh Marc Marquez dan pembalap MotoGP lainnya sangat tinggi.

Namun, Honda Racing Corporation juga merilis varian lain dari motor Marc Marquez yang lebih terjangkau untuk penggunaan di jalanan biasa, yaitu motor Honda RC213V-S. Motor ini pertama kali dirilis pada tahun 2015 dengan harga sekitar 190 euro atau sekitar 3,16 miliar rupiah.

Harga yang lebih terjangkau ini bisa diberikan karena Honda RC213V-S memiliki beberapa perbedaan dengan motor MotoGP, seperti gearbox tanpa sambungan, bantalan rem karbon, katup pneumatik, dan lainnya.(BY)

Namun, perlu diperhatikan bahwa motor ini adalah edisi terbatas, dan hanya ada beberapa unit di seluruh dunia. Menurut laporan MCN, pada tahun 2021, sebuah unit Honda RC213V-S pernah terjual melalui lelang dengan harga mencapai 182.500 poundsterling atau sekitar Rp3,5 miliar. Dengan harga ini, penggemar Marquez bisa merasakan sedikit sensasi dari motor balap yang luar biasa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *