Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Dikonsumsi Setiap Hari?

Buah kurma
Buah kurma

fajarharapan.id – Makan kurma telah menjadi tradisi baru bagi umat Islam selama bulan suci Ramadhan. Kurma, yang biasanya disantap saat berbuka puasa, bukan hanya sebagai takjil penyegar tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Kurangnya serat di dalamnya membuat kurma dapat memberikan rasa kenyang setelah seharian berpuasa atau saat sahur. Selain itu, kurma kaya akan zat besi, magnesium, vitamin, mineral, kalsium, kalium, dan fosfor, menjadikannya buah yang sangat nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, meskipun tinggi kandungan gulanya.

Lalu, apa yang akan terjadi pada tubuh jika kita mengonsumsi kurma setiap hari? Berikut adalah 9 manfaat mengonsumsi kurma setiap hari, seperti yang dilansir dari Times of India.

Jantung Terlindungi:
Kurma mengandung antioksidan, khususnya karotenoid, yang dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko gangguan mata.

Baca Juga  Penemuan Obat Alternatif Baru Membawa Harapan bagi Pasien

Risiko Kanker Turun:
Asam fenolat dalam kurma berfungsi sebagai zat antiinflamasi, mengurangi radang, dan menurunkan potensi keganasan serta risiko penyakit kanker.

Tulang Lebih Kuat:
Kandungan tembaga, selenium, magnesium, dan vitamin K dalam kurma menjaga kekuatan tulang dan mencegah penyakit tulang.

Meningkatkan Kesehatan Otak:
Kurma mengandung cholin, senyawa vitamin B yang membantu fungsi otak dan kognitif, serta dapat menurunkan risiko gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Menurunkan Kadar Kolesterol:
Konsumsi kurma dapat cepat menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu mengontrol berat badan.

Risiko Diabetes Turun:
Kurma dapat menurunkan tingkat gula darah dan lemak, mengurangi produksi insulin, dan memperlambat penyerapan glukosa dari usus, potensial untuk mencegah diabetes.

Penurunan Berat Badan:
Mengonsumsi kurma setiap pagi dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan penurunan berat badan yang sehat melalui serat tinggi dan peningkatan metabolisme tubuh.

Baca Juga  Satgas Yonif 310/KK Bersinergi Dengan Puskesmas Gelar Posyandu di Perbatasan

Mengatasi Kekurangan Zat Besi:
Kurma kaya akan zat besi, menjadi alternatif yang baik untuk mencegah kekurangan hemoglobin, terutama pada wanita.

Menjaga Kesehatan Secara Umum:
Dengan kandungan serat, potasium, dan kalsium, kurma adalah pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, terutama jika dikonsumsi setiap hari.

Disarankan untuk mengonsumsi 2-4 butir kurma setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Sebelum dikonsumsi, sebaiknya kurma dicuci dan direndam untuk memudahkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. Meskipun tahan lama, hindari kurma yang sudah terkena serangga atau memiliki aroma yang aneh.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: