Rakor Penanggulangan Bencana di Jakarta Dihadiri Wabup Way Kanan

.


Jakarta – Wakil Bupati Way Kanan Drs. H. Ali Rahman, M.T, menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan bencana dan Pameran Industri Kebencanaan Tingkat Asia Tahun 2023 di Jakarta International Expo, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Acara tersebut dibuka Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Dalam sambutannya menyampaikan perlu menjadi perhatian bersama bahwa bencana yang paling ditakuti juga oleh seluruh negara adalah bencana perubahan iklim, karena menyebabkan frekuensi bencana alam naik drastis begitupun dengan Indonesia yang menempati posisi tiga teratas rawan bencana dengan 81 persen frekuensi bencana alam.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya tersebut juga mengajak seluruhnya untuk terus terus siaga dan waspada sebagai kunci mengatasi kebencanaan, dengan mengelola prosedur mulai dari tahap pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana yang harus dikelola dengan baik. Menurut Presiden, sangat penting mengedukasi masyarakat sebagai langkah-langkah antisipasi untuk meminimalisir korban dan kerugian yang diakibatkan oleh bencana, juga peringatan dini yang harus cepat dengan scenario yang harus disiapkan ketika ada bencana.

Baca Juga  Masyarakat Dilatih Peningkatan Kapasitas Destinasi Wisata

Diingatkan pula oleh Presiden Joko Widodo bahwa harus menjadi perhatian terkait dengan tata ruang dan kontruksi yang harus sesuai dengan kondisi alam, apabila terjadi kerawanan seperti tanah longsor dan potensi bencana lainnya untuk tidak diberikan izin pembangunan, dan daerah harus menyiapkan kebijakan terkait kontruksi bangunan yang anti gempa.

Baca Juga  Sekda Way Kanan Hadiri Rapat Pendahuluan Pengawasan

Selain itu, presiden juga berpesan kepada pemerintah daerah dan BPBD untuk terus menjadi ujung tombak penanggulangan bencana mulai dari identifikasi potensi bencana, menyiapkan pendanaan, serta masukan esiko bencana dalam rencana pembangunan dan investasi. 

Juga terkait dengan dana bersama bencana yang penting, yang digunakan sebesar-besarnya untuk masyarakat dengan menyederhanakan aturan dan tepat sasaran.

Diketahui, pada rakor tersebut dihadiri oleh 4.000 peserta yang terdiri dari Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati dan Walikota serta Kepala Pelaksana BPBD sumber Kominfo Way Kanan. (*/Heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *