Bupati Way Kanan Buka ‘Nonton Bareng Literasi Digital 2023’

Raden Adipati Surya
Raden Adipati Surya

Way Kanan Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya resmi membuka Nonton Bareng Literasi Digital 2023 yang bertemakan “Teknologi untuk Mendukung Proses Belajar dan Mengajar”, Selasa (18/7/2023).

Acara diadakan di Gedung Pusiban Agung Pemkab Way Kanan ini dihadiri oleh Bunda Literasi Way Kanan, Dessy Afriyanti Adipati, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Machiavelly HT, Kadis Komunikasi dan Informatika, Yusron Lutfie.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Juanda, serta diikuti oleh 450 siswa-siswi SMP dari wilayah Way Kanan.

Bupati Raden Adipati Surya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atas penyelenggaraan kegiatan literasi digital, dengan fokus pada pelajar sekolah SMP.

Di era yang didominasi oleh teknologi digital, pengaruhnya pada masyarakat memiliki dampak yang beragam, baik positif maupun negatif.

“Diharapkan kegiatan seperti ini memberikan pencerahan kepada para siswa dan mengajak mereka untuk menjadi lebih bijaksana dalam memilah dan memilih konten positif serta mampu mengidentifikasi berita hoax,” ucap Bupati.

Selain itu, Bupati juga mengajak siswa-siswi untuk selalu menghasilkan konten-konten yang positif, produktif, dan aman dalam penggunaan teknologi digital. Dengan kesadaran dan kreativitas dalam memanfaatkan teknologi, diharapkan generasi muda dapat berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa.

Baca Juga  Menyelaraskan Program Pembangunan Kampung dan Kabupaten itu Penting, Kata Bupati Adipati

Acara Nonton Bareng Literasi Digital ini menyasar target segmen pelajar dan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten dalam bidangnya. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika), Semuel Abrijani Pangerapan, menjadi salah satu narasumber yang memberikan sambutan pada acara ini.

Selain itu, narasumber lainnya seperti Arief Rama Syarif (Founder – Yayasan Komunitas Open Source), Yusron Lutfi, S.H., M.M. (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan), Key Opinion Leader (KOL) Vean Mardhika (Influencer), serta Siti Kusherkatun, S.Pd.I (Asih) sebagai juru bahasa isyarat turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Acara dipandu oleh pembawa acara (MC) Ponita Dewi, S.IKom, dan moderator Hafizh Dzaki.

Dalam diskusi yang digelar, berbagai aspek penting tentang penggunaan teknologi dalam proses belajar dan mengajar dibahas. Teknologi telah mengalami kemajuan pesat yang memungkinkan akses dan fleksibilitas yang lebih baik dalam pembelajaran. Siswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas, namun juga bisa mengakses materi pembelajaran dari mana saja dan kapan saja.

Baca Juga  Calon Kepala Kampung Way Kanan Dibekali

Namun, dampak positif teknologi juga harus diimbangi dengan kesadaran akan keamanan data. Oleh karena itu, perlu adanya pengaturan dan kebijakan yang tepat dalam penggunaan teknologi dalam pendidikan untuk melindungi privasi dan keamanan data siswa dan guru.

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi masa depan yang semakin digital.

Kolaborasi antara pihak-pihak yang terlibat, seperti guru, siswa, orang tua, dan institusi pendidikan, dianggap krusial untuk memaksimalkan manfaat teknologi dalam proses belajar dan mengajar.

Semoga kegiatan Nonton Bareng Literasi Digital 2023 ini memberikan wawasan dan inspirasi bagi para siswa-siswi SMP Way Kanan dalam menghadapi tantangan di era digital yang semakin dinamis.(heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *