Bekerja Harus Berpedoman dengan Program Perencanaan

Adipati
Bupati Way Kanan Adipati. (dok medialampung)

Way Kanan – Pentingnya pemahaman dan kesadaran akan tanggung jawab kepemimpinan menjadi hal yang diutamakan dalam acara pembekalan manajemen pemerintah kampung. Bupati Adipati menekankan bahwa para calon kepala kampung terpilih harus memiliki pemahaman yang baik tentang tugas dan tanggung jawab yang akan mereka emban.

Dalam konteks penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kampung dengan skala 6 tahun, Bupati Adipati menegaskan bahwa para kepala kampung harus mempedomani program perencanaan yang telah ditetapkan di tingkat daerah. Hal ini mencakup visi, misi, dan program unggulan Pemerintah Kabupaten Way Kanan yang tercantum dalam dokumen kebijakan RPJMD Pemerintah Kabupaten Way Kanan Tahun 2021-2026.

Hal itu ditegasan Bupati Way Kanan Adipati ketika membuka pembekalan manajemen pemerintah kampung bagi calon kepala kampung terpilih hasil pilkakam serentak tahun 2023 di Gedung Pusiban Pemkab Way Kanan, Selasa (04/07/2023).

Selain itu, Bupati Adipati juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara entitas kelembagaan di kampung, seperti Badan Permusyawaratan Kampung (Bamus) dan lembaga kemasyarakatan kampung lainnya. Kerjasama yang sinergis antara semua pihak ini menjadi kunci dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat di kampung.

Baca Juga  "Kekerasan Berdampak Negatif pada Anak", Ini Kata Sekda Way Kanan

Bupati Adipati menekankan bahwa kewenangan kepala kampung tidak boleh disalahgunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu. Setiap tindakan dan keputusan yang diambil haruslah berlandaskan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan bertujuan untuk kebaikan masyarakat.

Dalam konteks ini, Bupati Adipati juga mengingatkan bahwa satu indikator penting dari pemerintahan kampung yang baik adalah kesadaran dalam menjalankan tugas dan fungsi kepala kampung sesuai dengan ketentuan hukum yang ada. Hal ini bertujuan untuk menciptakan tata kelola pemerintahan kampung yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Way Kanan berkomitmen untuk mendukung dan membimbing para kepala kampung terpilih dalam menjalankan tugas mereka. Dengan adanya dukungan ini, diharapkan para kepala kampung dapat menghadapi berbagai tantangan dan berhasil mengimplementasikan program-program pembangunan yang bermanfaat bagi kampung dan masyarakatnya.

Baca Juga  Bupati dan Ketua DPRD Way Kanan Peringatan Hari Lahir Pancasila

Di akhir acara itu, Bupati Adipati menyatakan harapannya bahwa para kepala kampung terpilih akan menjadi pemimpin yang amanah, adil, dan berkomitmen untuk mensejahterakan masyarakat kampung. Melalui kerjasama yang baik dengan entitas kelembagaan dan kepatuhan terhadap hukum, diharapkan kampung-kampung di Kabupaten Way Kanan dapat mengalami kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan. (Heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *