Ingin Wujudkan Lebaran Aman dan Nyaman, Ini yang Dilakukan Pemko Padang

.

Padang – Di pimpin Wali Kota Padang Hendri Septa, jajaran Pemerintah Kota Padang menggelar Apel Gabungan di Lapangan Pamong Praja, Selasa (18/4/2023) pagi.

Apel tersebut dilakukan dalam rangka persiapan pengamanan Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 di Kota Padang yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi.

Selain diikuti personil terkait, terlihat hadir saat itu Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama para Asisten, pimpinan OPD terkait serta Camat dan Kepala Puskesmas se-Kota Padang.

 

“Hari ini kita melihat langsung kesiapsiagaan personil sekaligus armada yang akan ‘stanbye’ di titik-titik strategis selama lebaran nantinya. Semuanya kita upayakan dan pastikan demi mewujudkan suasana lebaran yang aman dan nyaman di Kota Padang,” ujar Wako Hendri Septa dalam arahannya.

Wako Padang menyebut, seperti diperkirakan lebih kurang 2 (dua) juta perantau/pemudik akan pulang kampung ke Sumatera Barat termasuk Kota Padang pada libur lebaran nanti. Prediksi tersebut naik signifikan dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 1,2 juta jiwa.

Baca Juga  Tim Sumbar Nilai Posyantek Berprestasi Jorong Muara Tapus Sungai Aur

.

“Untuk memeriahkan momen libur lebaran di Kota Padang, kita akan menggelar Festival Muaro Padang yang bertujuan untuk menggairahkan ekonomi dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Semoga adanya event ini akan membuat pemudik/wisatawan bakal memilih menghabiskan waktu lebarannya di Kota Padang,” harapnya.

Dijelaskan Wali Kota, terkait Festival Muaro Padang yang berlangsung selama 24-27 April ini, Pemko Padang bekerjasama dengan beberapa pihak akan menyajikan sejumlah kegiatan menarik. 

Mulai dari Festival Selaju Sampan, Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo, Padang Fashion Carnaval, hingga Festival Marandang, Festival Jemur Bonsai serta Perahu Hias dan Pekan Ekonomi Kreatif.”

“Berbagai event yang dipusatkan di sekitaran Muara Padang ini kita lakukan semata hanya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat sekaligus mempersembahkan hiburan bagi perantau yang pulang kampung. Insya Allah akan terjadi perputaran uang yang cukup tinggi selama momentum lebaran nanti. Ini semua kita persembahkan untuk masyarakat Kota Padang tentunya,” ungkap Wako milenial itu bersemangat. 

Baca Juga  Meningkat Sebesar 22%, Agam Realisasikan Belanja Semester 1 Tahun 2023 Sebesar Rp575,8 Miliar

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang juga meminta seluruh ASN di masing-masing OPD terkait agar bekerja ‘all out’ selama libur lebaran nanti.  Termasuk kepada petugas terkait yang stanbye di Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) di titik-titik strategis di Kota Padang.

“Sebagai kota tujuan wisata dan Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kita di Kota Padang harus siap menampung dan menyambut baik kehadiran perantau dan wisatawan nantinya. Begitu pula yang tak kalah pentingnya menjaga kondusifitas Kota Padang dari hal-hal yang tak diinginkan,” lanjut Wako menekankan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *