Sambangi Kemenparekraf, Bupati Pasaman Sabar AS Beraudiensi Langsung dengan Sandiaga Uno

Jakarta, fajarharapan.id – Bupati Pasaman Sabar AS beraudiensi langsung dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno
di Gudung Sapta Pesona Jalan Medan Merdeka Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sabar didampingi Asisten 1, Kepala Bappeda dan Disparporabud Pasaman. Sedangkan Menteri Sandiaga didampingi
Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Penyelenggaraan Ivent serta Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekaraf.

Bupati Sabar AS dalam paparannya mengatakan bahwa Pasaman serius dalam mengembangkan pariwisata. Komitmen Pemkab Pasaman itu merupakan bentuk dukungan terhadap program nasional dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Beberapa kegiatan dan program telah dilaksanakan untuk pengembangan pariwisata itu sendiri. Baik penggalian potensi alam, sejarah, budaya dan edukasi Pemda Pasaman juga telah melaksanakan berbagai event baik lokal maupun nasional.

Tidak hanya atraksi wisata, menurut Bupati Sabar, Pemda Pasaman juga berupaya membenahi destinasi wisata itu sendiri.

Salah satu event yang berskala nasional yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya adalah perayaan titik kulminasi.

“Fenomena alam titik kulminasi ini diselenggarakan setiap tanggal 23 Maret dan 23 September setiap tahunnya,” ungkap Bupati Sabar.

Untuk tahun 2024 ini, dikatakan Sabar, perayaan titik kulminasi tersebut bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, dan hari meteorologi se dunia.

Baca Juga  Sekda Mara Ondak Launching Sanggar TAGEH

“Maka Pasaman Equator Festival dalam rangka perayaan titik kulminasi ini akan diadakan dengan tema religi juga,” sambung Bupati Sabar.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan yakni atraksi fenomena alam titik kulminasi, peringatan hari meteorologi se dunia, tall show “Bedah langit khatulistiwa Boniol.” Dan tausiah agama. Ditambah pelestarian adat istiadat, kesenian dan budaya daerah.

Perayaan ini akan dihadiri oleh masyarakat, mahasiswa, pelajar, guru, dosen dan pakar astronomi di Indonesia. “Dari konsep acara yang akan dilaksanakan, kami berharap mas Mentri bisa hadir,” ungkap Sabar AS.

Selain mengundang, Sabar AS bersama jajarannya juga meminta masukkan atas event dan program yang sudah dibuat di Pasaman, kelak event yang ada itu, lebih baik dan mampu mendatangkan wisatawan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

“Oleh sebab itu, saya mohon bantuan dan masukkan dari Kemenparekraf menjadikan event ini menjadi event yang layak di jual atau mampu menjadi daya tarik wisata dimasa yang akan datang,” harap Sabar AS.

Mentri Sandiaga Uno menyambut baik undangan yang diutarakan oleh Bupati Pasaman, ‘ Kapan! Cocokan ya!” Ungkap Sandiaga Uno ke ajudannya.

Sandiaga Uno kepada wartawan saat itu menyampaikan bahwa sektor pariwisata mampu mengangkat perekonomian masyarakat dan oleh sebab itu mari sama-sama digiatkan sektor pariwisata ini.” Harus kita tingkatkan, pariwisata mampu mengangkat perekonomian Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga  Bupati Sabar AS Pastikan Pendidikan dan Kesehatan Gratis Berlanjut Tahun 2025

Ditempat terpisah, Diana Plh deputi Produksi Pariwisata dan penyelenggaraan event memberikan beberapa gambaran umum dalam mematangkan wisata Pasaman, perlu pemahaman terhadap potensi alam dan tema event yang akan diangkat. Konsep yang dimiliki Pasaman bagus dan unik. “Bagus dan potensi untuk menarik wisatawan,” ujarnya.

Diana yang didamping oleh beberapa kapokja eventnya memberikan apresiasi terhadap kehadiran Bupati Pasaman saat itu, karena kehadiran Bupati adalah bentuk komitmen yang tinggi dalam pengembangan pariwisata.” Mantap pak, kami apresiasi komitmen Bapak untuk mendukung pariwisata di Pasaman. ” tambahnya lagi. (spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *