Nagari Gantiang Mudiak Utara kecamatan Sutera di Terjang Banjir dan Longsor

Painan,Fajarharapan.id- Tingginya curah hujan di Kabupaten Pesisir Selatan mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor di beberapa kecamatan yang memang rawan bencana.

Seperti yang terjadi di Kampung Langgai Nagari Gantiang Mudiak Utara kecamatan Sutera, ruas jalan Batu Bala Langgai longsor dan terban sehingga jalan putus dan mengakibatkan 10 KK terjebak di Kampung Batu Bala tersebut kini Kampung Batu Bala
terisolasi dan beberapa fasilitas umum juga rusak.berat.

Bupati Pessel Drs Rusma Yul Anwar memerintahkan Sekda dan OPD terkait meninjau daerah tersebut untuk mengambil tindakan cepat agar penanganan pasca banjir dan longsor bisa diantisipasi dengan cepat dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali.

Baca Juga  Bersatu dalam Perubahan, Komitmen Menuju Masa Depan Kabupaten Pesisir Selatan yang Lebih Baik

Saat berita ini kami turunkan terlihat tim BPBD Pessel sudah ada di daerah tersebut melakukan gotong royong bersama masyarakat untuk membersihkan jalan dari material longsor dan membersihkan Gedung Sekolah yang sempat terendam banjir.

“Untuk material longsor yang bisa ditangani dengan bergotong royong sudah di kami laksanakan sedangkan longsoran yang panjang dan besar tentu saja kami memerlukan alat berat untuk mengerjakannya”ungkap Masril salah satu anggota Masyarakat.

Camat Sutera Dailipal dalam laporannya menyebutkan bahwa Kampung Ampalu dan Kayuaro Nagari Gantiang Mudiak Utara sampai saat ini masih digenangi banjir sehingga ratusan rumah di kampung tersebut masih terisolasi, sedangkan Kampung Kayu Gadang Utara memang ada sejumlah lahan pertanian dan sekolah yang terendam banjir tapi saat ini air sudah mulai surut, sedangkan korban jiwa tidak ada dan untuk kerugian sementara masih dihitung.(YT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *