Indra Sjafri Ungkap Strategi Terkini Timnas U-20, Maksimalkan Sport Science demi Kualitas Terbaik

Indra Sjafri melibatkan sport science dalam TC Timnas Indonesia U-20.
Indra Sjafri melibatkan sport science dalam TC Timnas Indonesia U-20

Jakarta Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-20, menyatakan bahwa pemusatan latihan (TC) yang sedang berlangsung saat ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan ilmu olahraga (sport science) guna meningkatkan kualitas timnya.

Dalam konteks ini, Garuda Nusantara tengah menjalani tahap kedua TC di Jakarta setelah sebelumnya melaksanakan TC di Qatar selama dua pekan. Indra menjelaskan bahwa untuk memantau perkembangan pemain selama TC, timnya tidak hanya melakukan uji coba seperti pertandingan melawan Bhayangkara FC yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (13/1/2024), tetapi juga menerapkan ilmu olahraga.

“Uji coba hanya satu aspek dari berbagai hal. Mulai dari profil medis, profil fisik, hingga hal-hal lainnya, termasuk pelaksanaan tes Vald performance. Ya, menggunakan alat-alat ilmu olahraga,” kata Indra di Jakarta, Sabtu (13/1/2024).

Baca Juga  Di Lorenzo Keluhkan Kekurangan Suporter Napoli di Final Piala Super Italia Melawan Inter Milan

Selaku Direktur Teknik PSSI, pria berusia 60 tahun tersebut menyatakan bahwa dengan uji coba, mereka dapat melihat secara lebih rinci kualitas pemain. Oleh karena itu, ia memiliki tambahan penilaian untuk menentukan promosi dan degradasi pemain yang sedang terus dilakukan.

“Kemampuan individual, taktikal, serta bagaimana pemain mencerna taktik-taktik sederhana dapat dilihat dari hasil uji coba,” tambah Indra.

Ia menegaskan bahwa tidak ingin melakukan kesalahan dalam memilih pemain untuk membentuk skuad utama Timnas Indonesia. Hal ini dilakukan agar tim dapat tampil maksimal dalam Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, dan Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025.

Baca Juga  Marc Marquez Bersinar dalam Sprint Race MotoGP Qatar 2024, Finis di Posisi Kelima!

“TC tahap satu dan kedua bertujuan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang pemain, baik itu informasi teknis maupun informasi lainnya. Langkah ini diambil agar pemilihan pemain dilakukan dengan akurat,” pungkasnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *