Masyarakat Harus Kobarkan Semangat Bela Negara

Solsel, fajarharapan.id — Menyambut peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023, upacara peringatan pun dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Solok Selatan H. Khairunas. Diikuti oleh ASN di lingkup pemerintah kabupaten dan elemen TNI/Polri.

Dalam amanat inspektur upacara membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia disampaikan bahwa peringatan ini menjadi momen untuk bersatu.

“Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan,” kata Khairunas di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga  ASN Solsel Agar Merubah Mindset Dalam Bekerja

Dalam upacara ini disampaikan bahwa saat ini tantangan ketahanan negara semakin tidak terduga. Tak hanya ancaman fisik, namun juga ancaman seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim.

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” lanjutnya.

Baca Juga  Pemerintah Sampaikan Nota Pengantar KUA – PPAS Tahun Anggaran 2024

Semangat Bela Negara dan menjaga kesatuan dan persatuan NKRI menjadi tanggungjawab bagi seluruh elemen masyarakat.

Hari Bela Negara mempunyai latar belakang sejarah yang penting untuk Indonesia. Peringatan ini memperingati Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 19 Desember 1948 di Sumatera Barat. Jejak sejarah itu salah satunya di Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan, rumah yang pernah digunakan sebagai kantor PDRI. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *