Solok Selatan Raih Predikaat Kabupaten Peduli HAM

Solsel, fajaraharapan.id – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terus diapresiasi oleh berbagai pihak. Teranyar, kabupaten ini menerima prediket sebagai Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM.

Kabupaten Solok Selatan meraih nilai 96,4 atas kinerja peduli HAM pada tahun 2022. Menempatkan Solok Selatan di posisi kedua tertinggi setelah Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat.

Penghargaan ini diterima oleh Bupati Solok Selatan yang diwakili Sekdakab Dr. H. Syamsurizaldi pada peringatan ke-75 Hari HAM Internasional di Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, Senin (18/12/2023).

Baca Juga  Genius Umar Dihadapan Puluhan Investor Korea ; Tawarkan Peluang dan Kemudahan Investasi

Sekdakab Dr. Syamsurizaldi usai menerima penghargaan mengatakan penghargaan ini diperoleh setelah terpenuhinya beberapa indikator dalam pemenuhan kabupaten kota peduli HAM oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

“Pemenuhan kriteria ini berdasarkan ketentuan peraturan yang telah ditetapkan Kementerian Hukum dan HAM, sesuai Permenkum dan HAM Nomor 22 Tahun 2021 dimana program dan kegiatan yang dijalankan pemerintah mendukung implementasi Permenkumham tersebut,” katanya.

Baca Juga  Masyarakat Solsel Segera Nikmati Siaran RRI Padang

Pemenuhan indikator sebagai kabupaten peduli HAM tersebut diantaranya hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan serta hak perempuan dan anak memperoleh raihan 100.

Lebih lanjut Sekdakab mengatakan akan terus melakukan evaluasi terhadap pencapaian ini. Terlebih indikator ini menyasar pada hak dasar yang harus dipenuhi kepada masyarakat, diantaranya Pendidikan, Kesehatan, kependudukan, pekerjaan, lingkungan dan lainnya.

Dalam menerima penghargaan ini, Sekdakab didampingi Kabag Hukum Alkhairi Fajri dan Pejabat Fungsional Zulkifli. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *