Pemkab Apresiasi Tugas Baznas Salurkan Bantuan demi Kemaslahatan Umat

Solsel, fajarharapan.id — Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Solok Selatan yang telah berdedikasi dengan ikhlas menjalankan tugas-tugas pengelolaan, penghimpunan, dan penyaluran zakat.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Syamsurizaldi dalam pembukaan Sosialisasi Pengelolaan Zakat, Infaq, Sedekah, dan bimbingan teknis pelaporan unit pengumpul zakat (UPZ OPD) di Hotel Pesona Alam Sangir, Rabu (13/09/2023).

“Saya ucapkan terimakasih kepada Baznas Solok Selatan yang selama ini telah tulus ikhlas bekerja, sehingga zakat ini bisa digunakan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan umat,” kata Syamsurizaldi pagi ini.

Baca Juga  Peringatan Nuzululqur'an, Gubernur Mahyeldi Tekankan Penting Pembinaan Generasi Muda Berkarakter Qur'ani

Dia menjelaskan, peran Baznas sangat penting dalam pengelolaan zakat yang diberikan oleh masyarakat. Pasalnya saat ini pengelolaan zakat itu adalah menjadi kewenangan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ), bukan pemerintah.

Untuk itu diperlukan profesionalitas amil zakat dalam menghimpun dan menyalurkan zakat yang tepat sasaran kepada mustahiq yang berhak menerima.

“Penyaluran zakat harus tetap sasaran berdasarkan 8 golongan (ashnaf) yang berhak menerima zakat, jangan sampai diluar 8 golongan ini menerima, karena jika itu dilanggar Amil Zakat bertanggung jawab kepada Allah SWT,” ungkpanya.

Baca Juga  Energi Baru untuk Pasaman, Hengky: Saatnya Membangun Kampung Halaman

Lebih lanjut, Kepala Baznas Kabupaten Solok Selatan Zulfajriadi mengatakan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi sinergitas antara badan amil zakat dengan UPZ dilingkup pemerintah serta instansi vertikal.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Kementrian Agama Solok Selatan, Kepala OPD, serta para pengurus UPZ se-Kabupaten Solok Selatan dan diikuti para Bendahara pemerintah. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *