Pemkab Solsel Dukung Kegiatan Adat Jadi Even Tahunan

Solsel,fajarharapan.id — Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan adat yang dilaksanakan di nagari yang ada untuk menjadi even rutin tahunan. Pasalnya pelaksanaan kegiatan ini dinilai menjadi salah satu upaya pelestarian adat yang ada di daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam acara Mambantai Kabau Nan Gadang dalam Prosesi Turun ka Sawah dan Makan Bajamba Basamo di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Senin (28/8/2023).

“Tadi sudah disampaikan oleh Ketua KAN (Kerapakatan Adat Nagari) Koto Baru, ini terima kasih atas masukannya. Ini akan ditindaklanjuti … bahwa kegiatan Turun ka Sawah untuk diprogramkan menjadi kegiatan tahunan oleh Pemkab,” kata Khairunas siang ini.

Menurutnya, kegiatan Turun ka Sawah ini merupakan kegiatan turun-temurun yang telah dilakukan oleh masyarakat Solok Selatan yang menjadi simulasi nyata pelaksanaan kebersamaan, kekompakan, dan gotong-royong masyarakat.

Ini menunjukkan dengan kekompakan dan kebersamaan tidak ada yang tidak bisa dilakukan dan tidak ada yang tidak bisa dibangun.

Baca Juga  Pemerintah Izinkan Perusahaan China Bangun Pabrik Semen di Aceh, Tiga Pabrik Semen yang Ada di Sumatera Terancam Tutup

Hal ini sejalan dengan semangat kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati saat ini untuk membangun Solok Selatan yang maju dan masyarakat yang sejahtera.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyampaikan kepada masyarakat Sungai Pagu, Koto Baru khususnya mengenai even Pemilihan Duta Pariwisata Sumatera Barat yang akan dilaksanakan di wilayah tersebut.

Pemkab mengharapkan nantinya sebagai tuan rumah, seluruh masyarakat akan mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Tentunya sebagai tuan rumah, saya menghimbau kepada kita semua untuk mendukung suksesnya pelaksanaan even ini, yang tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan UMKM kita di Kabupaten Solok Selatan,” kata Bupati.

Adapun kegiatan Turun ka Sawah ini menjadi kegiatan yang setiap tahun dilakukan menjelang penanaman padi dan dilaksanakan oleh seluruh Niniak Mamak yang ada di beberapa nagari di Kecamatan Sungai Pagu.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar seluruh masyarakat serentak dalam menanam padi dan dijauhkan dari bencana hama. Juga untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat dan juga dengan pemerintah.

Baca Juga  Warga Pauh Duo Terima Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah

Usai kegiatan ini dilaksanakan makan bajamba alias makan bersama seluruh jajaran pemerintahan, Niniak Mamak, dan Bundo Kanduang.

Setelahnya juga dilakukan pembagian bantuan bibit dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan berupa bibit manggis, bibit durian, bibit pinang, dan bibit ikan. Selain itu juga diberikan bantuan hand tractor untuk kelompok tani.

Dalam kesempatan ini Baznas Solok Selatan juga memberikan bantuan biaya pendidikan senilai Rp 48.2 juta untuk 42 orang dan bantuan konsumtif lansia senilai Rp 22,8 juta untuk 45 orang.

Turut hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Solok Selatan Dr. H. Syamsurizaldi, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Solok Selatan, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda, Forkopimcam, serta jajaran Kepala OPD. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *