Pemkab Solsel Anggarkan Rp 3,6 M Buat Bangun Jalan Simancuang

Solsel,fajaraharapan.id — Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menganggarkan dana senilai Rp 3,6 miliar untuk peningkatan jalan Simancuang, Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo tahun 2023 ini. Peningkatan jalan ini merupakan kelanjutan dari pembangunan jalan pada tahun sebelumnya.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan saat ini infrastruktur di daerah ini sudah semakin meningkat dalam waktu dua tahun terakhir dan bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Kami ingin menghadirkan pemerintah ditengah-tengah masyarakat, sehingga kami senantiasa dapat mendengar dan melihat apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tahun lalu kami menghadiri Mambantai Kabau Nan Gadang, jalannya masih tanah dan berbatu. Alhamdulillah berkat doa dan dukungan kita semua, infrastruktur jalan di Jorong Simancuang ini sudah ditingkatkan dan dinikmati oleh masyarakat,” kata Khairunas dalam acara Mambantai Kabau Nan Gadang di daerah tersebut, Rabu (23/8/2023).

Rincian untuk dana Rp 3,6 miliar tersebut yakni senilai Rp 2,4 miliar untuk peningkatan jalan Sungai Kapua-Simancuang dan sisanya Rp 1,2 miliar untuk peningkatan jalan Sungai Siriah-Simancuang.

Baca Juga  Festival Marching Band Ditutup, Ketua DPRD Sumbar; Perlu Ciptakan Ruang Kreatif Generasi Muda

Sedangkan pada tahun sebelumnya pemerintah telah merealisasikan peningkatan jalan di lokasi yang sama sebesar Rp 4,38 miliar.

Bupati mengatakan peningkatan jalan ini dilakukan untuk mempermudah mobilisasi masyarakat sekaligus hasil pertanian petani Simancuang yang diharapkan bisa menjadi penyangga pangan di Solok Selatan.

“Harapan saya adalah kita tetap saling mendukung, pemerintah sudah menyediakan fasilitas, telah membangun infrastruktur, tentu tugas masyarakatlah untuk saling menjaganya,” tegasnya.

Adapun tradisi Mambantai Kabau Nan Gadang ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Jorong Simancuang. Tradisi ini menunjukkan kekompakan dan kebersamaan masyarakat di wilayah tersebut.

Pj. Wali Nagari Alam Pauh Duo Irman Saputra mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil panen tahun lalu sekaligus sebagai tanda dimulainya penanaman padi tahun ini secara serentak dengan harapan bisa dijauhi dari hama.

Baca Juga  Ingin Wujudkan Lebaran Aman dan Nyaman, Ini yang Dilakukan Pemko Padang

“Sekaligus untuk meningkatkan persatuan dan silaturahmi antara seluruh masyarakat dan juga dengan pemerintah,” imbuhnya.

Kegiatan ini sudah mulai dilaksanakan dengan membantai kabau alias kerbau di daerah ini oleh masyarakat sekitar. Kemudian masyarakat akan memasak bersama dan kemudian menjamu pemerintah dan seluruh warga.

Sebagai penutup, seluruh masyarakat pun berdoa bersama untuk kelancaran proses bercocok tanam pada tahun ini.

Dalam kesempatan ini pemerintah kabupaten juga menyerahkan bantuan berupa hand tractor untuk masyarakat. Selain itu juga diberikan bantuan bibit berupa bibit ikan, bibit manggis, dan bibit pinang.

Baznas Solok Selatan juga menyerahkan bantuan berupa bantuan pendidikan senilai Rp 34,1 juta dan bantuan konsumtif lansia senilai Rp 20 juta.

Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi, Sekretaris Daerah, Ketua TP-PKK Solok Selatan, dan jajaran Kepala OPD. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *