Program Pemerintah Bakal Terintegrasi dan Berorientasi Masyarakat

Solsel,fajaraharapan.id – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memastikan seluruh program unggulan yanag dilaksanakan akan terintegrasi dengan program lainnya, termasuk dengan dunia pendidikan.

Hal ini ditujukan untuk memastikan seluruh program yang direncanakan telah dilaksanakan berkesinambungan dan berorientasi untuk masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan H. Khairunas saat membagikan seragam sekolah gratis untuk siswa SD dan SMP di SMP N 4 Solok Selatan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Selasa (22/8/2023).

Khairunas menjelaskan, dalam bidang pendidikan salah satu program unggulannya adalah Satu Jorong Satu Ruma Tahfidz. Ini ditujukan untuk membentuk karakter generasi muda di Solok Selatan melalui bidang agama.

“Program ini akan dikolaborasikan dengan pendidikan agama di sekolah-sekolah. Mungkin untuk 2024 untuk masuk TK, SD, dan SMP akan diterapkan hapalan-hapalan. Sudah MoU dengan Kementerian Agama Solok Selatan agar program ini terintegrasi,” kata Khairunas siang ini.

Beragam program lainnya yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di berbagai bidang juga terus dilaksanakan. Bahkan, Bupati secara langsung mengawal seluruh program pelayanan masyarakat ini untuk dilaksanakan langsung.

Baca Juga  Pemkab Terus Upayakan Bantuan dan Pembangunan Daerah

Dia menjelaskan, sejak awal kepemimpinannya sudah bertekad untuk mengunjungi seluruh nagari yang ada di Solok Selatan. Dalam kunjungan ini, Bupati pun memboyong beragam program pelayanan, seperti kesehatan, perizinan, pencatatan sipil, dan pelayanan lainnya untuk langsung bertemu dengan masyarakat memberikan pelayanan di lokasi tersebut.

“Ternyata ini efektif. Pada 2022 lalu Dinas Kesehatan bisa deteksi dan melayani masyarakat yang selama ini tidak terlayani oleh pelayanan kesehatan. Ada 45 ribu masyarakat yang terlayani dan 10 penyakit yang terdeteksi banyak dialami oleh masyarakat,” terangnya.

Kunjungan ini tak hanya untuk bertemu langsung dengan masyarakat, namun juga membantu membangkitkan ekonomi serta menumbuhkan UMKM yang ada di Solok Selatan.

Menurutnya, ini merupakan bentuk kepedulian dan sudah menjadi tugas pemerintah untuk langsung berinteraksi serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Sebagai Pemerintah Kabupaten, kami akan memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat karena kami pelayan. Tentu memikirkan masyarakat dan hadir di tengah masyarakat. Ingatkan jajaran Pemerintah Kabupaten sebagai pemerintah tentu masih ada yang kurang pelayannanya dan Bupati/Wakil Bupati akan berupaya melakukan yang terbaik untuk Solok Selatan,” tandasnya.

Baca Juga  Kolaborasi Berbagai Pihak, Jalan Talao-Mercu¬†Diresmikan

Pembagian seragam gratis ini menyasar siswa baru SD dan SMP di Solok Selatan. Jumlah seragam baru yang diserahkan di kecamatan ini sebanyak 974 stel untuk SD dan 468 untuk jenjang SMP, di kecamatan ini terdapat sebanyak 21 SD dan 3 SMP.

Selain seragam, juga diserahkan bantuan dari Baznas Solok Selatan berupa bantuan biaya pendidikan senilai Rp 70 juta untuk 80 orang, bantuan bedah rumah Rp 50 juta untuk 2 orang, dan bantuan konsumtif lansia senilai Rp 44,5 juta untuk 89 orang.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan bantuan paket sembako dari Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS). Juga ada bantuan bibit durian, manggis, dan ikan dari Pemerintah Kabupaten.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati H. Yulian Efi, Sekretaris Daerah, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, dan Ketua DWP. Selain itu juga ada Anggota DPRD Solok Selatan, Forkopimcam, dan Forkopimda. (Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *