Bupati Khairunas Ajak Seluruh Masyarakat Majukan Solok Selatan

Solsel, fajarharapan.id — Upaya Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam memajukan daerah dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat terus dilaksanakan. Berbagai bidang pun disasar, seperti pendidikan dan kesehatan, untuk memastikan sumber daya manusia di kabupaten ini terus membaik.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan pemerintah bertanggungjawab untuk mempersiapkan generasi Solok Selatan yang berkualitas. Untuk itu dibutuhkan kerja sama dari seluruh elemen, baik pemerintah, legislatif, maupun masyarakat.

“Tugas kita adalah menjaga dan mempersiapkan kualitas mereka (sumber daya manusia) dari sekarang. … Kami himbau di Sungai Pagu bahwa dalam menjalankan pemerintahan tidak bisa Bupati dan Wakil Bupati saja, peran tokoh masyarakat juga dibutuhkan. Mari bersama membangun Solok Selatan,” kata Khairunas saat membagikan seragam gratis untuk siswa baru di RTH Solok Selatan Kecamatan Sungai Pagu, Selasa (08/08/2023).

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk memberikan bantuan seragam sekolah gratis untuk murid baru se-Kabupaten Solok Selatan untuk tahun ini. Setelah dua tahun terakhir program ini telah dilaksanakan dan menyasar puluhan ribu siswa baru lintas jenjang pendidikan.

“Dukungan dalam bentuk seragam gratis ini diharapkan dapat meringankan beban para orang tua dan memotivasi para anak-anak kami agar lebih giat lagi untuk belajar,” terangnya.

Baca Juga  Atasi Macet di Perlintasan Kereta Api Kasang, Gubernur Mahyeldi Usulkan Bangun Jalan Layang Pada Menteri PUPR

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan bahwa persiapan dan peningkatan sumber daya manusia tidak bisa dilakukan secara instan, terutama di sektor pendidikan.

“Hari ini program tersebut dijalankan, hasilnya baru bisa kita tuai setidaknya tiga sampai sembilan tahun lagi,” kata Zigo.

Ke depan, diharapkan program pemerntah juga dapat disinergikan dengan pendidikan yang ada di Solok Selatan. Seperti program Rumah Tahfidz yang ditujukan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkarakter.

“Ini himbauan kita kepada pemerintah kabupaten,” imbuhnya.

Di kecamatan Sungai Pagu ini, jumlah seragam gratis yang dibagikan sebanyak 944 stel pakaian untuk siswa SD dan 536 stel pakaian untuk siswa SMP.

Setelahnya, juga dilakukan pemberian bantuan dari Baznas Solok Selatan untuk bantuan pendidikan dan bantuan konsumtif lansia.

Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Dinas Sosial juga memberikan bantuan berupa bibit ikan, manggis, pinang, dan bantuan kursi roda.

Turut hadir Wakil Bupati Solok Selatan H Yulian Efi, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, dan anggota DPRD, Sekdakab, Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD. Selain itu juga hadir Camat, Wali Nagari dan Jorong di Sungai Pagu.

Baca Juga  Karya Bakti Bersama Yonarmed 19/105 Trk Bogani Bersama TDM di Perbatasan

‘Ngojek’ Jemput Seragam

Dari kejauhan riuhnya wali murid yang bertemu langsung dengan Bupati, Misdarlis, ibu dari salah satu siswa yang akan menerima seragama gratis ini juga turut hadir.

Di tengah terik mentari, dirinya tersenyum manis memandangi lautan orang yang memadati RTH di Muara Labuh siang ini. Dia tahu, semua orang memiliki tujuan yang sama dengan datang ke sana, untuk menerima seragam gratis buat anak bungsungnya.

Kepada Diskominfo, Mirdalis mengatakan dirinya harus membonceng ojek untuk datang ke lokasi acara, sebab dia bermukim di Sungai Durian, Nagari Bomas dan anaknya juga bersekolah di SMP dekat rumah.

“Ini anak terakhir saya, namanya Adi. Kakaknya sudah kelas 3 SMP,” katanya.

Diakuinya bantuan seragam ini sangat membantu sebab nanti tidak lagi perlu membelikan seragam baru jika anaknya membutuhkan baju ganti. Bantuan ini sangat berharga buat dirinya hanya ibu rumah tangga dan suaminya yang hanya kerja serabutan. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *