Pawai Alegoris HUT Pasaman ke-78 Dilepas Bupati Benny Utama, Lubuk Sikaping Jadi Lautan Manusia

Lubuk Sikaping, fajarharapan.id –
Di hari kedua usai peringatan puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasaman ke-78, digelar pawai alegoris, Selasa (10/10/2023).

Pawai alegoris yang dihelat di ibukota Kabupaten Pasaman, Lubuk Sikaping,
tersebut diikuti oleh ribuan siswa dan siswa dari berbagai tingkat pendidikan yang ada di Kecamatan Lubuksikaping.

Dalam pelasanaannya, pawai alegoris tersebut diikuti oleh murid setingkat PAUD, TK, MID, Sekolah Dasar. SLTP, MIS dan SLTA, dan MAN. Masing- masing sekolah menampilkan pakaian adat berbagai daerah di. nusantara.

Bahkan ada yang menampilkan pakaian yang menyerupai pahlawan nasional. Juga ditampilkan ragam aneka kendaraan betor yang disulap dengan berbagai ornamen hingga terlihat sangat menarik,l.

Yang sangat menarik dari pawai alegoris tersebut, meskipun cuaca panas terik tapi tidak menyulutkan semangat orangtua dan saudara, kaum famili untuk mendampingi anak- anak tersebut berjalan mengikuti pawai di sepanjang jalan Kota Lubuk Sikaping.

Baca Juga  Organisasi Ojek di Kota Sungai Penuh Tolak Kehadiran Ojek Online

Keadaan ini membuat sepanjang jalan rute pawai sampai Gor Tuanku Rao penuh berdesakan.

Dengan adanya kegiatan pawai tersebut, ratusan pedagang dari berbagai aneka jenis jualan dan jasa, ikut menikmati ramainya masyarakat dan peserta yang berbelanja. Hal ini tentu sngat memberi keuntungan yang cukup lumayan bagi pedagang,

Salah seorang pedagang yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, perayaan hari jadi Kabupaten Pasaman kali ini sangat meriah, apalagi ditambah dengan dua hari pelaksanaan pawai.

Demikian juga dengan pengusaha salon dan rental pakaian adat dan nasional juga merasakan efek dari perayaan ini. Pasalnya, dalam dua hari ini permintaan untuk berhias sangat banyak, bahkan ada ada yang dari pukul 4 pagi.

Bupati Pasaman H.Benny Utama didampingi Wakil Bupati Pasaman Sabar.AS, Sekda Pasaman H Mara Ondak, Forkopimda, Ketua TP PKK Pasaman Ny.Susi , Ketua GOW Pasaman Ny Denny Sabar. AS, Ketua DWP Pasaman Ny. Masrida Mara Ondak, Camat, melepas secara resmi pawai Alegoris tersebut, yang ditandai dengan pengibasan bendera star , bertempat di Jalan Sudirman depan Kantor Bank Nagari Lubuk Sikaping.

Baca Juga  Ketua Bamus Pasir Talang Selatan Hendrivon Terpilih Sebagai Korwil Bamus Kecamatan Sungai Pagu.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pasaman H. Benny Utama Kari Ibrahim dalam arahanya mengatakan, fengan adanya pawai alegoris dalam rangka hari jadi Kabupaten Pasaman ini, nantinya akan bisa memberikan rasa mencintai bagi anak-anak terhadap keberagaman bangsa ini.

Di momen hari jadi ini, menurutnya, kita bisa bebenah diri, untuk Pasaman yang maju, sesuai dengan tekat dari visi dan misi pemerintah daerah, yaitu mewujudkan masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat. (rls/spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *