Gubernur Mahyeldi: Pancasila Terbukti Mampu Menjaga Keutuhan NKRI

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengatakan sebagai dasar negara Pancasila telah terbukti mampu menjaga keutuhan NKRI dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

“Kalau kita baca sejarah. Pancasila itu, mulai dari perumusan hingga kandungan dari setiap sila-silanya, selalu mengedepankan rasa saling menghargai dan menghormati. Itulah yang kemudian menjadi perekat NKRI hingga hari ini,” kata Mahyeldi.

Hal tersebut dikatakannya usai menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Provinsi Sumbar di Padang, Minggu (1/10/2023).

Mahyeldi juga menilai, jika Pancasila itu tidak ada, Bangsa Indonesia akan rentan terhadap perpecahan. Sebab negara ini terdiri dari banyak pulau dan dihuni oleh suku dan agama yang beragam, dengan segala kepentingan dan dinamikanya.

Baca Juga  Kegiatan Pelayanan Bukti Hadir Pemerintah Ditengah Masyarakat

“Kita sangat beruntung, Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara. Sehingga keutuhan indonesia tetap terjaga hingga kini,” ucap Mahyeldi.

Namun dalam perjalanannya, sambung Mahyeldi, meski pun telah dirumuskan dan disusun sebaik mungkin oleh para tokoh-tokoh pendiri bangsa sejak awal kemerdekaan tahun 1945, masih ada saja pihak-pihak yang mencoba untuk merongrong Pancasila sebagai dasar negara.

Karena itu, ia menilai, peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober, menjadi penting untuk mengingatkan kembali seluruh rakyat, akan pentingnya memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Tegaskan Aksi Bergizi di Sekolah Penting untuk Lahirkan SDM Unggul dan Pengentasan Stunting

“Kita semua harus sadar dan sepakat, Pancasila jangan hanya sekadar dipahami tetapi juga perlu diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tegas Gubernur Mahyeldi.

Lebih jauh Gubernur Mahyeldi mengatakan, dengan penerapan nilai-nilai Pancasila itu, Indonesia mampu menjadi salah satu negara yang disegani di kancah internasional. Menurut Mahyeldi, capaian itu patut disyukuri bersama melalui menjaga Pancasila agar tetap menjadi dasar negara.

“Kita bersama harus terus menjaga Pancasila, agar tetap menjadi dasar negara Indonesia,” pungkas Gubernur Sumbar.

Sebelumnya, jajaran Pemprov Sumbar bersama Forkopimda melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Gubernur Sumbar. (Adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *