Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UNP Gelar Workshop Peningkatan Income Generating Pelaku Usaha

Agam, fajarharapan.id – Universitas Negeri Padang menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengelar pelatihan dengan judul “Workshop Peningkatan Income Generating dengan Pendekatan Full Costing” di kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basung, Kab. Agam Bagi Pelaku Usaha Rumah Gadang Sahati 92.

Perkumpulan Rumah Gadang Sahati 92 yang sudah berdiri sejak tahun 2018. berasal dari perkumpulan alumni yang memiliki anggota sekitar 80 orang, yang menggeluti berbagai usaha rumah tangga dalam menunjang penghasilan keluarga (income generating).

Perkumpulan ini aktif dibidang ekonomi kemasyarakatan, dengan mengelola berbagai bisnis terutama bidang kuliner.

Adapun produk yang sudah dihasilkan oleh Peruga Sahati 92 ini adalah berbagai usaha rumahan seperti catering makanan dan kue, usaha perkebunan, usaha café makanan dan minuman serta aneka jajanan lainnya.

Dilihat dari prospek usaha cukup menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga karena produk makanan tradisional yang dibuat adalah makanan jajanan yang sudah jelas pasarnya sehingga mampu meningkatkan income generating (penghasilan tambahan) bagi keluarga untuk menghasilkan pendapatan yang memadai.

Adapun masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan tentang keuangan terutama terkait penyusunan laporan keuangan serta strategi bisnis.

Penghitungan harga pokok produksi ditetapkan berdasarkan intuisi dan estimasi personal, sehingga penetapan harga jual tidak akurat.

Baca Juga  Aplikasi Affilio, Ini Ada Peluang Menghasilkan Rp300 Juta Perbulan

Disamping hal tersebut diatas masih minimnya pengetahuan terkait strategi bisnis yang cendrung masih konservatif terutama dalam memasarkan produk.

Perlu dukungan pengetahuan terkait bidang keuangan dan akuntansi, manajerial dan strategi pemasaran online, karena itu perlunya ormas Peruga Sahati 92 yang dikumpulkan sebanyak lebih kurang 25 orang peserta untuk mengikuti workshop Peningkatan Income Generating Pelaku Usaha.

Kegiatan diarahkan pada penyusunan harga pokok produk dengan pendekatan “full costing, konsep full costing ini penting diberikan karena konsep ini bisa menjadi indikator dalam mengetahui performance usaha lebih detail karena konsep full costing mampu mengukur secara lebih komprehensif data biaya dengan melihat biaya secara keseluruhan tanpa membedakan antara biaya tetap dan biaya variabel serta manajerial keuangan dan pemasaran.

Dengan dilatarbelakangi oleh kondisi tersebut di atas, maka Tim PKM Universitas Negeri Padang,
Halmawati, SE, M.Si, sebagai ketua tim, dan juga seorang dosen akuntansi, internal audit di SPI UNP, serta staf ahli wakil rektor bidang 2 (keuangan) yang diperkuat dengan anggota tim DR. Alrafni seorang dosen senior di Fakultas ilmu social serta Rizki Sri Lasmini, SE.MM dengan backround dosen manajemen dengan konsentrasi pemasaran yang juga dipercaya sebagai staf ahli wakil rector 4.

Tim PKM juga mengandeng beberapa orang narasumber baik dari unsur akademis maupun dari praktisi bisnis dari unsur akademis oleh Astra Prima Budiarti SE, MM dan Finola Honesty, SE, M.Si, yang memberikan berbagai ilmu terkait teori teori akuntansi dan pelaporan keuangan yang bisa diterapkan dalam dunia usaha.

Baca Juga  BPBD Kabupaten Agam Juara Terfavorit Kompetisi Ini

Sedangkan dari unsur praktisi diberikan oleh Muhammad Taufik SE dan Irwan Syofyan, SE yang merupakan usahawan yang berpengalaman diberbagai bidang usaha antara lain perusahaan pertambangan yaitu PT Putra Nusantara Gemilang yang berbagi pengalaman serta memotivasi para pelaku usaha untuk mampu bertahan dalam mengeluti bisnis dengan berbagai kondisi serta strategi dalam berbisnis, mendorong pelaku usaha untuk mampu mengembangkan prinsip inovatif dalam berwiraswasta.

Pelatihan ini diadakan pada tanggal 19-20 Agustus 2023 ini diikuti dengan antusias oleh peserta workshop di kantor KAN Nagari Lubuk Basung berlangsung dengan tertib dan lancar.(halmawati/zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *