Ketua TP PKK SumbarHarneli Mahyeldi Apresiasi Kerja Kader PKK se Sumatera Barat

Bukittinggi, fajarharapan.id Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-XX di Istana Bung Hatta Kota Bukittinggi berlangsung sejak Senin hingga Rabu (17-19/7) diikuti TP PKK dari Provinsi Sumbar, kabupaten kota, kecamatan, nagari, lurah hingga dasawisma menghadirkan sejumlah rangkaian kegiatan.

Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Harneli Mahyeldi saat acara yang berlangsung hari ini, Selasa,(18/7/2023) mengungkapkan, dirinya bersyukur acara Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-XX ini terlaksana dengan baik dan lancar. Acara jambore ini sebagai bentuk reward atau penghargaan terhadap kader PKK di seluruh kabupaten kota se-Sumbar.

“Melalui acara Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-XX ini, kita bergembira sekaligus melakukan evaluasi dengan adanya kegiatan lomba. Kita melihat Kader PKK selama ini telah bekerja luar biasa,” terangnya.

Selain menggelar berbagai lomba pada Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-XX, pada kesempatan itu juga diperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 yang ditandai dengan pemotongan tumpeng.

Dengan menghadirkan berbagai lomba pada acara Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-XX ini, TP PKK berupaya meningkatkan semangat Kader PKK memperbaiki daerah masing masing. “Kalau sekarang belum juara, tahun depan meningkatkan bisa berprestasi,” ucapnya.
Harneli juga mengucapkan terima kasih kepada Pengurus dan Kader TP PKK se-Sumbar hingga dasawisma atas kerja keras selama ini, dedikasi tanpa pamrih, bahu membahu membangun dan wujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di daerah masing-masing.

Baca Juga  Macet dan Kualitas Layanan Bagi Pemudik Jadi Tantangan Pemprov Sumbar Libur Lebaran

Jambore ini menurutnya, tidak hanya sekedar pertemuan biasa tapi bertukar informasi dan pengalaman untuk kebaikan masyarakat. Kader PKK orang pertama yang berhadapan langsung dengan masyarakat, mengetahui tantangan hidup masyarakat. Karena itu Harneli berharap pemerintah dapat memberikan perhatian sarana dan prasarana untuk Kader PKK yang bertugas di lapangan. Selain itu juga berikan pengetahuan dan keterampilan. Termasuk juga motivasi Kader PKK dengan menambah anggaran untuk mereka.

Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-XX diikuti 350 peserta. Jambore diisi dengan sejumlah kegiatan. Yakni, penyuluhan kesehatan, penampilan kesenian khas daerah, senam sehat, lomba defile, ekspos kegiatan PKK nagari/desa/kelurahan, lomba cerdas cermat dan kegiatan lainnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan kepada 100 kader PKK yang tidak mampu dengan nilai Rp500 ribu per masing-masing kader yang dihimpun melalui OPD dan Baznas Sumbar.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah yang membuka Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-XX di Istana Bung Hatta Kota Bukittinggi mengatakan, atas nama Pemprov Sumbar dirinya menyambut dengan suka cita terlaksananya kegiatan jambore sekaligus Peringatan HKG ke-51 PKK Sumbar.

“Dengan dilaksanakan Jambore TP PKK Sumbar dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK dapat membangun silaturahim, saling berbagi informasi satu sama lain, adanya pengayaan dan peningkatan pengetahuan. Dengan adanya kegiatan ini adanya pemerataan pengetahuaan, informasi dan segera menyikapi kondisi di lapangan,” harapnya.

Baca Juga  Jelang Kejurnas Pertengahan Juni Mendatang, PPLP Sumbar Jajal Kemampuan di Kejurda KU23

Perlombaan yang digelar melalui Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-XX ini sebagai bentuk memberikan penghargaan semua pihak yang telah berkontribusi menyumbangkan pikiran dan tenaga menjadikan harapan dari jambore ini jadi kenyataan.

Mahyeldi juga berharap TP PKK Sumbar tidak hanya menggelar jambore di tingkat Sumbar saja, tetapi bisa menjadikan Sumbar tuan rumah Jambore TP PKK tingkat nasional. Sehingga memberikan dampak efek yang luar biasa bagi masyarakat Sumbar.

“Ada dampak ekonomi bagi masyarakat. Sehingga ini menjadi bahagian capaian 10 program unggulan (progul), yakni meningkatkan kesejahteraan keluarga. Di mana UMKM akan banyak transaksi. Berharap Ketua TP PKK Sumbar bersama dinas terkait komunikasikan. Sehingga tahun mendatang kegiatan Jambore TP PKK nasional dapat digelar di Sumbar,” harapnya.

Hadir pada kesempatan itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Bupati Tanah Datar, Eka Putra. Juga hadir Ketua TP PKK Kabupaten Kota-se Sumbar, TP PKK Kecamatan, Nagari, Lurah, Desa. Juga hadir perwakilan Bank Nagari, Baznas Provinsi Sumbar, Kepala OPD Pemprov Sumbar dan tokoh masyarakat.(Adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *