Tekno  

MOBA Berawal dari Game Perang Robot: Herzog Zwei dan Future Cop

MOBA
MOBA

Jakarta Game seperti Dota 2, League of Legends, Mobile Legends, Honor of Kings, dan lainnya sangat populer sebagai game kompetitif dengan genre multiplayer online battle arena (MOBA). MOBA sendiri adalah sub-genre dari game real time strategy (RTS), yang menuntut pemain untuk merancang strategi dan taktik untuk memenangkan pertandingan.

Di setiap game MOBA, pemain bergabung dalam tim (biasanya lima pemain) dengan tujuan menghancurkan markas lawan. Pemain dapat memilih karakter (hero) dari berbagai pilihan untuk memaksimalkan peluang kemenangan mereka.

Namun, sedikit yang tahu bahwa MOBA tidak selalu seperti sekarang (lima lawan lima), melainkan berevolusi dari game perang robot.

Baca Juga  Poco F6 Pro, Smartphone Baru dari Xiaomi, Apa yang Perlu Diketahui?

Sejarah MOBA dimulai pada tahun 1980-an, dengan game Herzog Zwei yang dirilis untuk konsol Mega Drive/Genesis oleh Sega pada tahun 1989. Meskipun tidak secara umum diakui sebagai MOBA, Herzog Zwei memiliki elemen yang mirip dengan game MOBA modern, di mana pemain mengendalikan robot yang bisa berubah menjadi pesawat dalam tim untuk menyerang dan menghancurkan markas lawan.

Game lain yang dianggap sebagai cikal bakal MOBA adalah Future Cop: LAPD pada tahun 1998, yang tersedia untuk PlayStation 1 (PS1) dan PC (Windows/MacOS). Game ini memungkinkan pemain berperan sebagai robot polisi dalam mode “Precinct Assault”, di mana mereka harus menghancurkan markas dan robot musuh.

Baca Juga  Unik, Sampah Mie Instan Bisa Jadi Bahan Bakar Bernilai Tinggi

Meskipun Herzog Zwei dan Future Cop: LAPD memiliki fitur dan gameplay yang berbeda, keduanya memberikan fondasi bagi genre game MOBA modern yang kita kenal saat ini, yang secara esensial adalah game perang robot dengan fitur online yang memperluas interaksi antarpemain.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *