Tekno  

ChatGPT Tersedia di Siri, Kolaborasi Baru Apple dan OpenAI

Apple
ilustrasi

Jakarta Apple secara resmi telah mengumumkan integrasi chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) dari OpenAI, ChatGPT, dengan asisten virtual mereka, Siri. ChatGPT yang terintegrasi dengan Siri menggunakan model bahasa besar (LLM) GPT-4o, yang diluncurkan pertama kali pada Mei 2024. Pengumuman ini dilakukan dalam acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada Senin (10/6/2024) di Amerika Serikat.

Sam Altman, CEO OpenAI, menyatakan kegembiraannya atas kolaborasi dengan Apple untuk membawa ChatGPT kepada pengguna melalui pendekatan baru. Altman menekankan bahwa Apple dan OpenAI memiliki komitmen yang sama terhadap keamanan dan inovasi, yang sejalan dengan misi OpenAI untuk membuat AI canggih dapat diakses secara luas.

Dengan integrasi ChatGPT, Siri diharapkan akan menjadi lebih cerdas. Contohnya, ketika pengguna menggunakan Siri untuk mencari rekomendasi menu makanan, Siri dapat menawarkan pengguna untuk menggunakan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jika diizinkan, ChatGPT akan memberikan jawaban melalui jendela pop-up di layar smartphone.

Baca Juga  iPhone 12 Mendukung Pengisian Nirkabel 15W dengan Pembaruan Terbaru Apple

Pengguna juga dapat menyertakan foto saat mengajukan pertanyaan kepada ChatGPT, misalnya untuk mencari rekomendasi dekorasi teras rumah. ChatGPT juga dapat membantu pengguna dalam menulis cerita atau menghasilkan gambar menggunakan AI. Siri akan memastikan bahwa dokumen yang terlibat dalam proses ini dapat diakses oleh ChatGPT sesuai dengan izin yang diberikan.

Selain itu, Apple telah mengintegrasikan ChatGPT dalam alat penulisan baru yang disebut Writing Tools, yang dapat digunakan di berbagai aplikasi seperti Mail, Notes, dan Pages. Dengan Writing Tools, pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, dan merangkum teks dengan lebih mudah.

Integrasi ChatGPT dengan Siri akan diluncurkan pada sistem operasi iOS 18, iPad OS 18, dan macOS Sequoia pada tahun ini. Pengguna dapat menggunakan ChatGPT secara gratis tanpa perlu membuat akun ChatGPT atau OpenAI. Pengguna yang berlangganan layanan premium ChatGPT dapat mengakses fitur berbayar di Siri dan aplikasi Apple lainnya yang terintegrasi dengan chatbot ini.

Baca Juga  Pemko Pariaman Matangkan Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H/2024 M

Layanan berbayar ChatGPT, seperti ChatGPT Plus, ChatGPT Team, dan ChatGPT Enterprise, menyediakan akses terhadap model bahasa besar GPT-4o. Layanan ini tersedia dengan harga mulai dari 20 dolar AS per bulan (sekitar Rp 325.945).(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *