Tekno  

Huawei Kembali Bersinar, iPhone 15 Terus Menemui Hambatan di China

iPhone 15
iPhone 15

Jakarta iPhone 15 menghadapi tantangan penjualan di China, pasar ponsel terbesar di dunia, dengan beberapa faktor yang berkontribusi pada penurunan popularitasnya. Berikut adalah lima alasan utama yang mempengaruhi penjualan iPhone 15 di China:

Huawei Kembali Berkembang
Pada kuartal keempat tahun 2023, Huawei meluncurkan smartphone Mate 60 Pro dengan dukungan jaringan 5G, mengejutkan industri teknologi. Meskipun kontroversial, peluncuran ini membuat Huawei kembali meraih perhatian konsumen di China, menggeser sebagian pangsa pasar yang sebelumnya dipegang oleh iPhone 15. Penjualan smartphone Huawei meningkat 36% dibanding tahun sebelumnya.

Persaingan Ketat di Pasar HP Premium
Selain Huawei, merek lokal seperti Oppo dan Xiaomi turut bersaing ketat di pasar HP premium. Ponsel premium bukan hanya tentang harga, tetapi juga fitur unggulan. Apple dihadapkan pada persaingan yang semakin meningkat, baik dari model lama maupun seri baru, karena ponsel China menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga lebih terjangkau.

Baca Juga  Inovasi Terbaru, BYD Rilis Mobil Listrik Seal 06 dengan Teknologi Hybrid Plug-in

Konsumen Lebih Bijak dalam Berbelanja
Tantangan ekonomi, terutama di sektor properti, membuat konsumen China lebih bijak dalam mengalokasikan uang mereka. Dalam situasi ini, produk flagship dengan harga terjangkau menjadi pilihan lebih menarik bagi konsumen yang cenderung mempertimbangkan nilai uang mereka.

Gengsi Merek Apple Menurun
Merek Apple yang sebelumnya dianggap sebagai simbol kemewahan di China mengalami penurunan gengsi karena dianggap kurang inovatif. Ponsel-pojok lain, seperti Samsung dan Honor, meluncurkan inovasi seperti ponsel lipat, sementara iPhone tetap menggunakan model yang sama. Generasi Z pun mulai kehilangan ketertarikan pada merek tersebut.

Isu Geopolitik AS-China
Isu-isu geopolitik antara AS dan China juga turut mempengaruhi iPhone 15. China memperluas pembatasan pada penggunaan iPhone di kalangan pegawai pemerintah, menciptakan kendala lebih lanjut bagi produk teknologi asing. Staf perusahaan yang terkait dengan pemerintah juga dilaporkan dilarang menggunakan iPhone di lingkungan kerja.

Baca Juga  Terobosan Infinix, Rencana Peluncuran Ponsel Lipat 'Zero Flip' dengan Harga Terjangkau

Tantangan ini menunjukkan bahwa iPhone 15 perlu mengatasi sejumlah faktor untuk memperbaiki performa penjualannya di China, terutama menghadapi persaingan yang semakin ketat dan perubahan preferensi konsumen.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *