Sebanyak 42 Orang Panwascam Pilkada 2024 Tanah Datar Dilantik Oleh Ketua Panwaslu


Tanah Datar, fajarharapan.id  – Dari sebanyak 42 orang anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) yang baru untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, dilantik  Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Datar Andre Azki, Jum’at (24/5/24).di  Emersia Hotel & Resort Batusangkar,

Turut hadir pada acara pelantikan Panwascam tersebut, l Forkopimda Tanah Datar, Wakapolres Padang Panjang, Koordinator BIN Daerah, KPU, Kakan Kesbangpol, Camat se Tanah Datar, dan undangan lainnya

Pada acara Pelantikan yang disaksikan SekdanTanah Datar, Iqbal Ramadi Payana tersebut  ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Bawaslu Tanah Datar, tentang Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan  yang tertuang dalam Surat Keputusan Bawaslu Tanah Datar dibacakan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Tanah Datar Harmesyoni menjelang acara pelantikan.

Kemudian Ketua Bawaslu Tanah Datar Andre Azki, Membacakan naskah pelantikan pengambilan sumpah, Ikrar Anggota Panwascam, serta penandatanganan berita acara sumpah janji jabatan Anggota Panwaslu Kecamatan se Tanah Datar pada Pilkada Serentak Tahun 2024.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekda Iqbal Ramadi Payana mengucapkan selamat kepada  seluruh anggota Panwascam yang telah terpilih, untuk nantinya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.

” Hendaknya Panwascam yang  terpilih ini
dapat mempelajari dan mempedomani aturan terkait dengan Pilkada, tahapan pelaksanaan, tata tertib dan uraian tugas dalam melaksanakan tugas pengawasan yang lebih optimal,” harap Sekda.

Selanjutnya Sekda tambahkan, marilah kita persiapkan dan maknai pesta demokrasi ini dengan kebersamaan. Dan untuk dapat menghindari sejauh mungkin, benturan-benturan dan tindakan yang melanggar aturan main dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tahun ini.

Sementara itu anggota Bawaslu Provinsi Sumbar Febrian Bartez katakan, peran Panwascam dalam proses demokrasi ditingkat kecamatan penting dan strategis, karena Panwascam dalam pemilu berfungsi sebagai lembaga yang memastikan penyelenggaraan Pemilu berjalan sesuai konstitusi, memperhatikan asas langsung aman, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Selamat kepada Anggota Panwascam yang dilantik hari ini, saudara adalah orang–orang yang terpilih dari sekian orang yang mendaftar dan lolos dari tahapan seleksi sebelumnya. Sebagai orang–orang terpilih, kami berharap anggota Panwascam nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional, dalam menghadapi Pilkada tahun ini,” ungkapnya.

Disisi lain Ketua Bawaslu Tanah Datar Andre Azki mengungkapkan bahwa 42 Anggota Panwascam yang dilantik ini sebelumnya telah melalui berbagai tahapan seleksi. Dari Panwascam Pemilu kemaren kita lakukan seleksi exseting dan yang lolos seleksi sebanyak 27 orang. Dan sisanya 15 orang kita lakukan seleksi terbuka.

Dikatakan bahwa, daari 91 orang yang mendaftar dan melalui tahapan seleksi terbuka, 15 orang dinyatakan lulus Anggota Panwascam Pilkada Serentak tahun 2024 nanti,” katanya

Andre Azki juga mengucapkan selamat kepada semua Anggota Panwaslu Kecamatan se yang telah dilantik. “Semoga dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya dan menghasilkan Pilkada serentak tahun 2024 yang sesuai dengan harapan kita semua. Integritas dan etika harga mati, agar terciptanya netralitas pada penyelenggara Pilkada khususnya pada Panwascam,” tegasnya. . (Veri)

Baca Juga  Inisiatif Baru: Wali Nagari Diminta Terlibat Aktif dalam Penurunan Angka Stunting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *