Perbaikan Jalan Lembah Anai Sumbar Mencapai 50%, Target Selesai Juli

Perbaikan Jalan Lembah Anai
Perbaikan Jalan Lembah Anai


Batusangkar 
– Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, mengajak masyarakat agar bersabar dan menghindari melintasi jalan Lembah Anai untuk sementara waktu. Alasannya, proses perbaikannya masih berlangsung dan berisiko jika dilalui dengan paksa.

Menurut informasi dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar, diperkirakan proses perbaikan akan selesai pada akhir Juli 2024.

“Saya memohon kesabaran dari masyarakat. Pekerjaan masih berlangsung, jadi lebih baik tidak melintas karena belum aman, sangat berisiko,” ujar Mahyeldi saat meninjau proses perbaikan jalan di Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, pada Kamis (23/5/2024).

Gubernur menjelaskan bahwa semua pihak terlibat sedang berusaha keras agar jalan nasional ini dapat segera dilalui lagi.

Setiap hari, ada 32 alat berat yang bekerja siang dan malam untuk mempercepat proses perbaikan.

Baca Juga  Gangguan Transmisi, Sejumlah Daerah di Sumbar Gelap Gulita

“Insya Allah, ini tidak akan memakan waktu lama karena pekerjaan berlangsung siang dan malam. Kami membutuhkan dukungan dari masyarakat untuk menahan diri agar perbaikan dapat selesai sesuai target,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPJN Sumbar, Tabrani, menyatakan bahwa proses perbaikan jalan sudah dimulai sejak Senin (13/5/2024) lalu. Targetnya, jalan akan kembali dapat dilalui pada tanggal 21 Juli 2024.

Saat ini, jalan yang sebelumnya putus sudah dibuat baru, meskipun masih berupa tanah dan belum diaspal, serta masih ada alat berat yang bekerja.

Jalan tersebut masih memerlukan pemadatan, pengaspalan, serta pembuatan dinding pembatas dan penahan jalan. Setelah semua selesai, barulah dapat dibuka untuk umum.

“Progresnya masih di bawah 50 persen, oleh karena itu, jalan ini masih belum bisa dibuka untuk umum. Kami perkirakan akan selesai pada tanggal 21 Juli 2024 dan baru bisa dibuka untuk umum. Semoga saja bisa lebih cepat,” ujarnya.

Baca Juga  Lelaki Pemilik Dua Paket diduga Sabu-sabu Itu Diamankan Tim Tarantula Sat Res Narkoba di Kecamatan Rambatan

Seperti yang diketahui, jalan nasional di Lembah Anai merupakan jalur utama antara Padang dan Pekanbaru. Jalan ini putus total akibat banjir lahar dingin Marapi pada Sabtu (11/5/2024) lalu.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *