Jalan Lintas Padang – Bukittinggi Kembali Pulih Pascabanjir Bandang Lahar Dingin Marapi

Jalan lintas Padang - Bukittinggi kembali pulih
Jalan lintas Padang - Bukittinggi kembali pulih

Tanah Datar, fajarharapan.id – Jalan lintas Padang – Bukittinggi, yang sebelumnya lumpuh total akibat banjir bandang lahar dingin dari Gunung Marapi di Simpang Aia Angek, Nagari Aia Angek, Kecamatan X Kota, Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), kini telah berhasil dibuka kembali untuk dilalui.

Selama empat jam, akses jalan tersebut harus ditutup total karena tertutup material lumpur, namun saat ini jalanan sudah dapat dilalui dengan lancar.

“Saat banjir lahar dingin tadi, jalanan sempat ditutup dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Saat ini jalanan sudah bisa dilalui dengan cara buka tutup,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, Minggu (7/4/2024).

Baca Juga  Giat Warisan Tambang Batu Bara OmbilinGelanggang Arang Sampai di Zona B Nagari Batu Taba

Menurut Kombes Pol Dwi, petugas lalu lintas telah disiagakan sejak kejadian bencana untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan menutup jalan sesuai kebutuhan.

“Dari laporan petugas di lapangan, kondisi di sana masih gerimis dan kendaraan sudah bisa dilalui satu persatu,” ujarnya.

Kabid Humas ini juga mengimbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati dan waspada terutama saat kondisi cuaca buruk yang berpotensi memicu bencana.

“Kita imbau pengguna jalan agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan dari petugas lalu lintas yang ada di lapangan. Keselamatan saat berkendara harus menjadi prioritas utama,” pungkasnya.(veri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *