Ketua Bawaslu Tanah Datar, Andre Aski Resmikan Bimtek Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan.

Tanah Datar, fajarharapan.id – Ketua Bawaslu Tanah Datar, Andre Aski secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan se- Kabupaten Tanah Datar, kamis (16/11) di Emersia Hotel Batusangkar.

Bimtek Teknis Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan dilaksanakan oleh Bawaslu Tanah Datar dalam rangka meningkatkan kemampuan Administrator Panwas kecamatan dalam mengelola Administrasi di Panwas.

Hadir pada acara tersebut dari Pimpinan Bawaslu Propinsi yang dihadiri Febrian Bartes, para Koordinator Devisi Bawaslu Tanah Datar dan sebanyak 58 orang peserta Bimtek Administrasi Kesetrariatan yang terdiri dari sekretariat Panwaslu kecamatan dan kabupaten Tanah Datar, dari Kesbangpol dan Kepolisian.

Dalam sambutannya Andre Aski mengemukakan, Sekretariat Panwas merupakan spirit sistem yang mendukung tugas-tugas organisasi dan pimpinan di kecamatan, petugas harus memahami dan menguasai tugas pokok mengelola administrasi dengan tepat.

“Mengingat begitu pentingnya tugas-tugas kesekretariatan dalam mengelola Administrasi di Panwas maka Bawaslu Tanah Datar perlu memberikan bimbingan secara teknis kepada pengelola administrasi kecamatan,” ungkap Andre Aski .


Menurut Andre, Kepala sekretariat panwas berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sedikit banyaknya sudah banyak yang memahami soal administrasi, dan dengan dibekali Bimtek ini diharapkan akan menambah pengetahuan kesekretariatan dan dapat mengenal terkait administrasi Pengawasan di kecamatan, teragnya.

“Perlunya Bimtek Pengelolaan Administrasi Kesekretariat ini dilaksanakan bagi sekretariat Panwas mengingat tugas Sekretariat yang perlu mendapatkan pembekalan terkait pengololaan dukungan administratif, administrasi keuangan, termasuk mengelola arsip sebagai dokumentasi termasuk aset dan terkait personalia .

Disamping itu ketua Bawaslu juga mengingatkan karena Petugas Sekretariat di Panwas Kecamatan berasal dari di PNS dalam menjalankan tugas kesekretariatan juga perlu menjaga netralitas dalam proses Pemilu untuk 2025, sehingga tercipta kondisi yang lebih nyaman dalam bertugas

” Dengan Bimbingan Teknik Kesekretariatan bagi petugas sekretariat kecamatan diharapkan petugas Sekretariat Panwas kecamatan akan memberi nilai tambah terhadap pengetahuan teknis kesekretariatan di Panwas yang akan dilaksanakan dalam tugas-tugas yang menjadi tupoksi sekretariat” harap Andre

Sementara itu pimpinan Bawaslu Sumatera Barat, Febrian Barte dalam pengarahannya mengatakan, tenaga kesekretariatan Panwaslu akan lebih banyak belajar soal administrasi kepada pemerintah di daerah mengingat administrasi dipemerintahan diakui terbaik.

Selanjutnya Febrian mengingatkan peserta Bimtek agar kesekretariatan senantiasa membangun senergitas yang baik dengan pimpinan baik di kacematan dan ditingkat Bawaslu untuk menghindari terjadinya overlate dalam pengambilan keputusan ditingkat Panwas.

Menurutnya, yang menjadi akar permasalahan biasanya lebih banyak terjadi di bidang keuangan, oleh sebab itu perlu menerapkan prinsip keterbukaan terkait masalah keuangan dan administrasi sepaya terjadi senergi yang baik antara komisionar dengan Korsep, katanya.

Kemudian yang tidak kalah pentingnya, yang menjadi perhatian petugas sekretariat adalah bagaimana menertipkan Arsip sebagai dokumentasi yang akan memberikan keamanan bagi Setiap lembaga yang sewaktu-waktu akan diperlukan untuk keperluan Administrasi.

Pada kegiatan tersebut peserta Bimtek mendapat bimbingan teknis dari pemateri yang berasal dari Bawaslu Propinsi Sumatera Barat dan Bawaslu Kabupaten Tanah Datar (Veri)

Baca Juga  Bupati Eka Putra Buka Rakercab IBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *