Pemilih Pemula Jangan Golput dan Ikut Mengawasi Tahapan Pemilu 2024

Tanah Datar, fajarharapan.id – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Tanah Datar mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi pemilih pemula pada pemilihan umum tahun 2023.

Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 70 orang peserta Pemilih Pemula utusan dari pelajar SLTA se Tanah Datar, dari PWI dan KWRI Kabupaten Tanah Datar, Senin (31/10) di Hotel Emersia Batusangkar

Pimpinan Bawaslu Tanah Datar, Al Azhar Rasyidin, SHI, MH, ( Kordiv Penindakan Pelanggaran Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tanah Datar), dalam penjelasannya mengatakan, pemilih pemula pada pemilihan umum tahun 2024 mendatang adanya pada Sekolah tingkat SLTA.

Bawaslu perlu melakukan sosialisasi terkait pengawasan pemilu kepada pemilih pemula yang sudah punya hak pemilih dan berada pada sekolah SLTA karena pemilih pemula mempunyai peran dan punya tanggung jawab menyukseskan Pemilu pada Pemilu 2023.

” Kami tumpangkan harapan harapan kepada pemilih pemula yang kini sudah punya tanggung jawab moral bagaimana Pemilu 2024 mendatang menjadi sukses, sedangkan Pemilu tahun 2024 ini berbeda dari pemilu sebelumnya karena Pemilu saat ini dilaksanakan serentak Pemilihan legislatif dan Presiden” ungkapnya.

Menurut Al Azhar, Peran dan semangat pemilih pemula sangat menjadi tumpangan bangsa dan negara untuk berkomitmen turut serta dalam Pemilu dengan harapan Pemilu terlaksana dengan baik,lancar dan sukses

Menurut Al Azhar, tercatat sebanyak 56 % pada Pemilu 2024 adalah pemilih pemula yang disebut sebagai pemilih milinial, sebesar 150 juta jumlah sebagai pemilih tetap yang akan memiliki peran dalam proses pengawasan pemilu baik nasional maupun teritorial di Kabupaten Tanah Datar.

“Ada peran (pemilih pemula), setidaknya dengan usia sekarang ini terdaftar sebagai pemilih dimana semua peserta tentu sudah terdaftar, jangan sampai ada dari pemilih pemula yang Golput, keikutsertaannya dalam pemilu akan menentukan masa depan bangsa dan negara yang akan menyelenggarakan negara nantiknya” tambah Al Azhar.

Sementara itu Plh Ketua Bawaslu Tanah Datar, Zulman Hendrizal, SHI dalam arahan singkatnya menyatakan, akan tertumpang harapan Bawaslu kepada pemilih pemula untuk berperan dan turutserta pengawasan terhadap pelanggaran Pemilu pada Pemilu 2023 khususnya di Kabupaten Tanah sehingga Pemilu 2024 berjalan sukses dan lancar sebagaimana aturan yang berlaku. (Veri)

Baca Juga  Lembaga Sensor Film Republik Indonesia Sosialisasikan GNBSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *