Penghafal Qur’an Berkumpul setiap Bulan di Rumdin Bupati Tanahdatar lewat “Maghrib Mengantar Berkah”

Qur’an
Foto bersama Bupati Tanahdatar Eka Putra didampingi isteri Ny. Lise Eka Putra bersama para hafiz Al-Qur'an.

Batusangkar – Bupati Tanah Datar, Eka Putra, telah mengubah rumah dinasnya menjadi tempat berkumpul para penghafal Al-Qur’an setiap bulannya sejak menjabat sebagai kepala daerah. Dalam sebuah program yang dinamai “Maghrib Menjemput Berkah,” ratusan penghafal Al-Qur’an dari 55 rumah tahfiz diundang untuk berkumpul dan mengaji di kediamannya.

Tujuan dari program ini adalah untuk mendapatkan berkah dari Allah bagi Kabupaten Tanah Datar selama kepemimpinan Bupati Eka Putra dan di masa yang akan datang. Setiap sesi dimulai menjelang waktu maghrib, di mana penghafal Al-Qur’an berkumpul dalam keadaan berwudhu, melaksanakan Shalat Maghrib berjamaah, mengadakan kegiatan Tasmi’ Al-Qur’an, berinteraksi dengan bupati, dan akhirnya menutup dengan Shalat Isya berjamaah.

Kegiatan Tasmi’ melibatkan semua peserta yang membacakan hafalan mereka dan dipandu oleh seorang santri dari masing-masing rumah tahfizh. Program ini adalah upaya Bupati Eka Putra untuk memuliakan para penghafal Al-Qur’an.

Baca Juga  Anggota DPRD Wendri Aswil Siap Tampung Aspirasi Warga Lintau Buo

Afrizon, pembina rumah tahfiz di Tanah Datar, menjelaskan bahwa program “Maghrib Menjemput Berkah” ini telah berjalan sejak April 2021, dua bulan setelah Bupati Eka Putra dan Richi Aprian dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar.

Kecintaan Bupati Eka Putra terhadap penghafal Al-Qur’an sangat besar, dan ia mendukung semua bentuk kegiatan yang berkaitan dengan para penghafal Al-Qur’an. Selain itu, ia berkomitmen untuk menjadikan Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten tahfiz, yang tercermin dari peningkatan jumlah rumah tahfiz di daerah tersebut, dari 159 unit pada tahun 2021 menjadi 313 unit pada tahun 2023.

Baca Juga  Bulan Ramadhan, Berkah Bagi Rafi Kurnia, Dipilih untuk Timnas U-16

Hingga saat ini, Kabupaten Tanah Datar telah melahirkan 16.000 orang penghafal Al-Qur’an. Bupati Eka Putra juga memberikan dukungan kepada penghafal Al-Qur’an dalam bentuk bantuan pendidikan, bantuan produktif dari Baznas, bantuan rehabilitasi rumah dari Dinas Perkim dan Baznas, serta bantuan sosial dari Dinas Sosial. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *