Bawaslu Tanah Datar Adakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Capres dan Calon Caleg


Batusangkar, fajarharapan.id – Bawaslu Tanah Datar laksanakan sosialisasi Pengawasan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPR, DPD, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2024, Rabu (4/10) di Hotel Emersia Batusangkar

Acara sosialisasi tersebut dibuka secara resmi Ketua Bawaslu Tanah Datar, Andre Azki dihadiri Koordinator Deviasi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Propinsi Sumatera Barat, Benny Aziz pemberi materi terkait sosialisasi dimaksud.

Peserta sosialisasi terdiri dari pengurus Partai, pimpinan organisasi kemasyarakatan, pimpinan organisasi pemuda dan sosial, Pengurus KPU dan PWI serta utusan Stakeholder pengawas pemilu.

Ketua Bawaslu Tanah Datar, Andre Azki dalam sambutannya menerangkan bahwa, sepanjang ini pertama kali pelaksanaan Pemilu di Indonesia dilaksanakan serentak pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/Kota sekaligus pemilihan Presiden dan Wakil presiden.

Didampingi Sekretaris Bawaslu Tanah Datar,Harmesyoni, Koordinator DIvisi Penanganan Pelanggaran, Al Azhar Rasyidin,lebih lanjut Andre Azki menjelaskan tugas bawaslu sebagai pengawasan pemilu atas pelanggaran oleh peserta Pemilu, Bawaslu akan menampung pengaduan masyarakat atau peserta pemilu terhadap pelanggaran pemilu untuk ditindak lanjuti sesuai dengan tugas dan wewenang yang menjadi tugas yang diamanahkan kepada Bawaslu, ungkapnya

Sementara itu Koordinator Deviasi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Propinsi Sumatera Barat, Benny Aziz pada kesempatan itu memaparkan kalau Bawaslu Telah melakukan pengawasan disetiap tahapan pemilu.

Menurutnya beberapa hal yang telah dilakukan Bawaslu Sumbar mengantisipasi terjadinya pelanggaran sebagai upaya pencegahan berupa surat-suray himbauan, kegiatan sosialisasi, Survey dan monitoring serta rapat koordinasi dengan seluruh stakeholder.

Dikatakan bahwa tindak lanjut dari hasil pengawasan setiap tahapan dilaporkan sesuai dengan peraturan Bawaslu yang berlaku.

Benny Aziz dalam hal ini mengatakan selain petugas Bawaslu jugai berharap kiranya masyarakat bisa berperan melakukan pengawasan dan memantau kemudian menyampaikan temuan pelanggaran itu ke Bawaslu baik yangberada di kecamatan maupun di daerah Kabupaten Kota (Veri)

Baca Juga  TIm WHO Kemenag Tanah Datar Melakukan Giat Kampanye di Tiga Titik Dalam Kabupaten Tanah Datar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *