Api Hanguskan Satu Rumah di Hari ke Dua Idul Fitri

Sungai Penuh – Hari ke dua lebaran Idul Fitri 1445 Hijrah, sekitar pukul 14.00 wib, Kamis,.11/4/2024, satu rumah semi permanen hangus terbakar di Dusun Talang Harapan, Desa Talang Lindung, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh, Jambi.

Asal api belum diketahui pasti, namun, Hariman tetangga korban mendengar dua kali ledakan, saat ia melihat ke luar, asap hitam sudah membubung tinggi menutupi rumah semi permanen itu.

“Saat itu saya berada di rumah, terdengar dua kali ledakan, ketika keluar, melihat asap tebal hitam keluar dari rumah tersebut,” sebut Hariman.

Sementara pemilik rumah, Tatang Ahmadi beserta anak dan istri sedang berada di luar mengunjungi kerabat dalam rangka hari raya Idul Fitri. Wargapun saat itu sedang berhari raya. Mendengar ada kebekaran warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Tatang Ahmadi mendapat berita rumah terbakar hanya bisa menatap pasrah api membakar rumah miliknya hingga rata dengan tanah.

“Asal api diperkirakan dari arus pendek di dapur. Rumah dalam keadaan kosong, kami tiba, rumah sudah habis terbakar, warga beramai-ramai memadamkan api,” ujar Tatang Ahmadi korban kebakaran juga staf Kepala Desa Talang Lindung itu.

Baca Juga  Wako Ahmadi Zubir Pantau Jalan Longsor di RKE

Disisi lain, warga menghubungi petugas pemadam kebakaran, tak lama setelah itu satu unit mobil pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api sehingga tidak menjalar ke rumah yang lain.

Tidak ada korban jiwa, namun semua harta benda dan surat-surat penting habis terbakar, yang tersisa hanya baju di badan dan satu kendaraan roda dua.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Talang Jaya Desa Talang Lindung Fery Arisandi bersama pemuda segera mendirikan posko bantuan untuk membantu korban kebakaran.

“Mendengar kabar kebakaran gerakan spontanitas dari pemuda langsung menuju titik lokasi kebakaran, pemuda – pemuda Talang Lindung yang sedang berhari raya dari rumah ke rumah langsung menuju lokasi ternyata api sudah tidak bersahabat lagi. Jadi setelah itu hanya bisa membantu bersama-sama mendirikan posko bantuan kebakaran bersama ketua RT, Kepala Dusun, BPD, Pemerintah Desa dan warga setempat,” ujar Fery Arisandi Caleg DPRD Kota Sungai Penuh meraih suara terbanyak itu.

Baca Juga  Halal Bi Halal Keluarga Besar Depati Santiodo Tuo Tiang Agama Luhah Rio Mendiho : Ajang Memperat Silaturahmi

Gerakan cepat pun dilakukan Nini Nilawati Sekdes Desa Talang Lindung atas arahan Kepala Desa untuk membuka dompet peduli di Group WhatsApp Desa Talang Lindung Membangun. Hingga berita ini dirilis sudah belasan warga menyisihkan rezekinya untuk membantu korban kebakaran. Semoga lebih banyak lagi yang peduli atas musibah yang dialami korban. (al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *