Pawai Obor di Malam Takbiran, Fery Arisandi: Budaya yang Perlu Dilestarikan

Sungai Penuh – Meskipun hujan turun di Kota Sungai Penuh pada malam takbir menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah, semangat tak kendur bagi puluhan anggota Karang Taruna Talang Jaya yang tetap melaksanakan pawai obor keliling di Desa Talang Lindung, Kecamatan Sungai Bungkal.

Mereka bergerak dengan bersepeda motor dan mobil, membawa obor sambil mengumandangkan takbir “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Walillahilhamd”.

Ketua Karang Taruna Talang Jaya, Fery Arisandi, menjelaskan bahwa takbir keliling bukan semata-mata untuk memuja Allah, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat hubungan sosial di antara warga desa.

Baca Juga  Masjid Jami' dan Makam Pangeran Sedo Laut Rembang

Fery Arisandi, yang juga caleg terpilih untuk DPRD Kota Sungai Penuh dari PKS, menegaskan bahwa pawai obor keliling adalah bagian tak terpisahkan dari warisan budaya yang harus dilestarikan dan dijunjung tinggi, sejak zaman nenek moyang hingga saat ini.

“Takbir keliling menumbuhkan nilai-nilai dan makna ibadah bagi anak-anak dan menambah hidupnya suasana dimalam Idul Fitri bagi desa itu sendiri,” sebut Fery. (al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *