Sumbar  

DLH Solok Targetkan Proklim di Dua Kelurahan

DLH
Sejumlah pegawai DLH Kota Solok tengah menyiapkan dua lokasi untuk mengikuti program kampung iklim.

Solok – Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok, Sumatera Barat telah menyiapkan dua lokasi untuk mengikuti program Kampung Iklim (Proklim). Kedua lokasi tersebut berada di RW VI Payo Kelurahan Tanah Garam dan RW II Kelurahan Laing.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Kota Solok, Fajar Surya Kusuma, mengatakan bahwa Proklim adalah program yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Program ini bertujuan untuk melibatkan masyarakat dalam aksi adaptasi, peningkatan kapasitas, dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Selain itu, Proklim juga bertujuan untuk menyebarluaskan aksi adaptasi dan mitigasi yang telah berhasil diimplementasikan di lokasi lain, serta memberikan pengakuan kepada pemerintah daerah dan masyarakat yang terlibat, termasuk pihak yang mendukung pelaksanaan Proklim.

Baca Juga  Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, Sekda Sebut Kehadiran ASN Kantor Gubernur 97%.

Fajar menjelaskan bahwa target pencapaian kampung iklim hingga tahun 2024 adalah sebanyak 20 ribu kampung iklim. Namun, saat ini capaiannya masih sangat kecil. Oleh karena itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI akan meningkatkan kuantitas calon lokasi Proklim tahun 2024 dengan mengumpulkan dan mencatat data calon lokasi Proklim ke dalam SRN-PPI, yang dapat dilakukan oleh para pihak terkait, termasuk Enumerator Proklim.

“Kami akan melakukan verifikasi hasil survei lapangan terkait pengisian Spectrum dan pencatatan data Proklim untuk meningkatkan kapasitas hasil Proklim,” ujarnya.

Fajar juga menyatakan bahwa kegiatan ini berkontribusi terhadap pemenuhan komitmen Indonesia untuk mengendalikan laju peningkatan suhu bumi di bawah dua derajat Celcius. Hal ini bisa dilakukan melalui gerakan nasional pengendalian perubahan iklim di tingkat lokal yang perlu diperkuat dengan sinergi dan kolaborasi berbagai pihak melalui berbagai kegiatan dan dukungan.

Baca Juga  Tabligh Akbar Meriah di Peresmian Masjid Besar Syura Pandan, Solok

Lebih lanjut, Fajar berharap dengan adanya enumerator ini dapat menambah pencapaian target kampung iklim di Kota Solok secara khusus, dan mendukung pencapaian 20 ribu kampung iklim di seluruh Indonesia secara umum.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *