Sumbar  

Pasar Raya Padang Terbakar Hebat

Api berkobar di Pasar Raya Padang.
Api berkobar di Pasar Raya Padang.

Padang, fajarharapan.id – Api mengamuk di kawasan Blok A Pasar Raya Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), pada Selasa (7/5/2024) sekitar pukul 13.44 WIB. Kobaran api belum dapat dipadamkan dan terus melahap sejumlah bangunan di sekitarnya.

Kawasan Blok A ini dikenal sebagai pusat perdagangan mainan dan percetakan. Kejadian ini dikaitkan dengan beberapa letusan yang terjadi, diduga berasal dari petasan yang meledak di area tersebut.

Letusan petasan bahkan sampai menghantarkan serpihan bangunan ke udara, mengakibatkan sejumlah warga dan pengunjung yang berada di sekitar lokasi terpaksa diminta untuk menjauh demi keamanan mereka.

Upaya pemadaman dilakukan dengan mobil pemadam kebakaran dan puluhan petugas yang dikerahkan ke lokasi. Namun, kobaran api terus membesar, menyebabkan asap hitam pekat membubung tinggi di langit kawasan pasar terbesar di Kota Padang ini.

Baca Juga  Lantik Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Solok Selatan, Audy Joinaldy : Kirimkan Wakil Untuk Jambore Dunia di Korea Selatan

Dalam situasi yang mencekam tersebut, para pedagang terlihat berusaha dengan sekuat tenaga menyelamatkan dagangan mereka dari jilatan api yang tak kenal ampun. Keselamatan mereka dan upaya pemadaman menjadi prioritas utama dalam menghadapi musibah ini.

Beberapa jam setelah kebakaran pertama kali melanda, upaya pemadaman masih terus berlangsung di kawasan Blok A Pasar Raya Kota Padang. Meskipun sejumlah mobil pemadam kebakaran dan personel sudah dikerahkan, namun kobaran api masih sulit untuk dipadamkan sepenuhnya.

Kehadiran asap hitam yang tebal semakin menyulitkan upaya pemadaman, memperumit visibilitas di sekitar lokasi kebakaran. Para petugas yang berjuang di tengah kondisi yang sulit tersebut terus berkoordinasi dengan baik untuk mencoba membatasi perluasan api.

Baca Juga  Dinilai Cepat Tanggap, Mahyeldi Menjadi Satu-Satunya Gubernur yang Langsung Menerima Kepmenkes Saat Launching ILP

Selain upaya pemadaman, evakuasi juga menjadi prioritas. Sejumlah warga yang terjebak di sekitar lokasi kebakaran dievakuasi dengan hati-hati, sementara usaha penyelamatan barang dagangan yang masih tersisa juga terus dilakukan oleh para pedagang yang berjuang menghadapi musibah ini.

Di tengah kepanikan dan kekacauan, solidaritas masyarakat pun tampak terwujud. Beberapa relawan dari sekitar kawasan bahkan turut bergabung dalam upaya pemadaman dan evakuasi, menunjukkan semangat gotong royong yang kental dalam menghadapi bencana.

Pihak berwenang terus berupaya untuk mengatasi situasi ini secepat dan sebaik mungkin demi keselamatan dan pemulihan kawasan yang terdampak. (ab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *