Luar Biasa, Setengah Triliun Rupiah Dana Pusat Digelontorkan untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan Sumbar

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah berhasil memperoleh dana pusat guna meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di daerah tersebut. Sejumlah dana pusat sebesar Rp478,6 miliar dialokasikan untuk meningkatkan kualitas jalan di Sumbar melalui Program Inpres Jalan Daerah (IJD) Kementerian PUPR Tahun 2024.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, menyatakan keberhasilan ini sebagai hasil dari kerja sama antara Pemprov dengan 14 kabupaten dan kota lainnya di Sumbar dalam mencari sumber dana tambahan selain APBD untuk membangun infrastruktur di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah, usulan pembangunan jalan kita disetujui, hampir setengah triliun alokasi dana yang diterima dari Pemerintah Pusat. Ini merupakan hasil dari kerja keras dan sinergi antara kami dengan kabupaten dan kota di Sumbar,” ujar Mahyeldi di Padang, pada Minggu (21/4/2024).

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Instruksikan Sejumlah OPD Dukung Program Perhutanan Sosial di Sumbar

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar, Medi Iswandi, mengungkapkan bahwa sejumlah ruas jalan di Sumbar akan dibangun menggunakan dana Inpres Jalan Daerah Tahun 2024, termasuk Jalan Bawan Tuo-Padang Bio-bio, Jalan Kampung Ladang-Sei Gimbar Ganting, dan Preservasi Jalan Ekowisata Bukit Cambai.

Medi juga menjelaskan bahwa proses pengusulan pembiayaan untuk pembangunan atau perbaikan jalan melalui program IJD memerlukan berbagai tahapan dan mekanisme resmi, termasuk analisis kebutuhan dan penentuan anggaran yang diperlukan.

Selain itu, Medi menambahkan bahwa keseriusan Gubernur Sumbar dalam mempercepat pembangunan tidak hanya terfokus pada jalan nasional, tetapi juga pada kelanjutan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, khususnya seksi Sicincin-Bukittinggi-Payakumbuh.

Baca Juga  Tekan Stunting di Mentawai, Gubernur Mahyeldi : Kesehatan Anak Adalah Investasi Tak Ternilai bagi Bangsa

“Dengan demikian, kerja keras dan komitmen Pemprov Sumbar bersama kabupaten dan kota di wilayah tersebut telah menghasilkan pembangunan infrastruktur jalan yang signifikan, serta menunjukkan keseriusan dalam memajukan pembangunan di Sumbar,” tambahnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *