Mendagri Pimpin Apel Gelar Pasukan Peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional di Sumbar

Padang – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, pimpin apel gelar pasukan peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tingkat Nasional 2024 di Halaman Istana Gubernur Sumbar, Minggu (3/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga menyerahkan Piagam Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Mendagri Tito mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumbar beserta jajaran, atas kesediaan menjadi tuan rumah peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tingkat Nasional tahun ini.

Apresiasi dari Kemendagri selaku pembina dan pengawas pemerintah daerah (Pemda) dan Satpol PP serta Satlinmas seluruh Indonesia, disebut layak diberikan kepada Gubernur Sumbar beserta jajaran di lingkup Pemprov Sumbar.

“Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP yang kita berikan hari ini pada Gubernur Mahyeldi, merupakan apresiasi atas perhatian sebagai kepala daerah, dalam meningkatkan peran serta tanggung jawab memajukan Satpol PP dan Satlinmas. Semoga, budi baik Gubernur Sumbar bernilai pahala yang besar di sisi Allah SWT,” ucap Mendagri Tito.

Mendagri juga menyatakan rasa bangga dan aspresiasinya kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas di seluruh Indonesia, atas dedikasi dalam pelaksanaan tugas selama ini, termasuk atas terselenggaranya rangkaian peringatan HUT Satpol PP dan Linmas di Sumbar.

Baca Juga  Kembali Mekar Bunga Bangkai di KRC Sumbar Bertahan untuk Ketujuh Kalinya

Mantan Kapolri itu juga menyampaikan, Satpol PP dan Satlinmas memiliki peran yang sangat besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat, serta dalam upaya penegakan Peraturan Daerah (Perda). Dedikasi itu menandakan bahwa kedua satuan tersebut termasuk ujung tombak dalam pelaksanaan pemerintahan.

Mendagri juga menyinggung bahwa selama pelaksanaan Pemilu serentak pada Februari lalu, Satpol PP dan Satlinmas bersama TNI/Polri dan lembaga terkait lainnya, telah membuktikan peran yang sangat besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

“Pemilihan Umum menjadi bagian terpenting dari kehidupan demokrasi dan menjadi penanda bahwa Indonesia adalah negara demokratis, negara yang memiliki kedaulatan rakyat,” ujarnya lagi.

Di sisi lain, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas dipercayainya Sumbar sebagai tuan peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas untuk kali pertama dalam sejarah. Terlebih, tak kurang dari 3.000 orang peserta hadir di Sumbar, yang sudah tentu memunculkan efek ekonomi yang baik bagi daerah.

“Kami menyadari betapa pentingnya peran dan fungsi Satpol PP sebagai penegak Perda. Salah satu harapan kami, agar Satpol PP yang masih berstatus honor agar bisa bisa dijadikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang sudah tentu akan menambah motivasi dalam pelaksanaan tugas-tugasnya,” ujar Mahyeldi.

Baca Juga  Mahyeldi: Jangan Parkir di Atas Jembatan Kelok Sembilan

Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP dan Satlinmas, yang berada di garis depan bersama TNI/Polri, sehingga pelaksanaan pemilu di Sumbar dapat berlangsung lancar dan kondusif.

“Ke depan, kita juga berharap pelaksanaan Pilkada pada 27 November nanti, dapat dipersiapkan dengan baik, sehingga juga menjadi Pilkada yang kondusif dan aman,” harap Gubernur.

Sementara itu dalam laporannya, Plh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, Amran, menyampaikan rangkaian peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas sebelumnya telah diawali dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Satpol PP dan Satlinmas pada 2 Februari 2024 di Hotel Truntum Padang. (adpsb/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *