Sumbar  

BPBD Limapuluh Kota Bersama TNI-Polri Sukses Bersihkan Material Longsor di Jalan Nasional

Longsor
Longsor

Sarilamak – Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau, tepatnya di Lubuak Jantan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, mengalami insiden tertimbunnya material longsor pada hari Rabu sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, pada pukul 13.30 WIB, jalan tersebut telah dapat dilalui kembali meskipun dengan sistem buka-tutup.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmadinol, menjelaskan bahwa longsor terjadi pada pukul 11.00 WIB, menyebabkan akses jalan terhambat dan sementara tidak dapat dilewati oleh kendaraan. Tinggi material longsor yang menutupi jalan mencapai sekitar satu meter. Saat ini, Jalinsum sudah dapat dilewati setelah dilakukan upaya pembersihan material longsor.

Proses pembersihan material longsor juga melibatkan dukungan langsung dari personel Polres Limapuluh Kota, Kodim 0306/50 Kota, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) III, dan tim lainnya. Rahmadinol mengimbau masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, terutama yang tinggal di sekitar sungai dan daerah rawan longsor, untuk tetap waspada.

Baca Juga  Ombudsman RI Sarankan Bupati Limapuluh Kota untuk Terbitkan Juknis dan SOP Pemberhentian Perangkat Nagari

Ia juga mengingatkan para pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan selama musim hujan. “Hati-hati saat berkendara, terutama saat hujan deras. Jika hendak melalui ruas jalan yang rawan longsor, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu,” tuturnya.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *