Sumbar  

Perbaikan Jembatan Kiambang dan Jalan Teban di Silungkang Oso akan Segera Dimulai

Padang Pariaman – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebut perbaikan jalan dan jembatan pada jalur lintas sumatera yang rusak akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu akan segera dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Titik yang akan diperbaiki tersebut adalah ruas jalan di Silungkang Oso Kota Sawahlunto dan Jembatan Kiambang di Kabupaten Padang Pariaman.

Kepastian tersebut diperoleh Gubernur Mahyeldi setelah dirinya mendampingi Menteri PUPR melakukan peninjauan ke Jembatan Kiambang di Kabupaten Padang Pariaman. Kamis (11/01/2024).

“InsyaAllah, dalam waktu dekat akan segera diperbaiki, tadi Pak Menteri telah berikan perintahkan langsung kepada pihak Balai Pelaksana Jalan Sumbar agar segera melakukan tender ketika perencanaan telah selesai dilakukan untuk kedua objek yang rusak,” ungkap Gubernur usai mendampingi kegiatan kunjungan kerja Menteri PUPR.

Baca Juga  Kadis Perhubungan Sumbar Ajak Masyarakat Jaga Kelancaran Arus Lalu Lintas Selama Masa Libur Lebaran

Jalan dan jembatan yang menjadi sorotan menteri tersebut merupakan jalan lintas sumatera yang menghubungkan Sumbar – Riau dan Sumbar – Jakarta, sehingga secara fungsi sangat vital untuk kelancaran arus orang dan barang yang akan masuk atau keluar Sumbar.

“Jalan dan jembatan ini penting karena berada pada jalur utama penghubung Sumbar dengan provinsi tetangga. Oleh karena itu, penting untuk segera diperbaiki,” ucap Gubernur.

Gubernur Mahyeldi menambahkan, sehubungan jalan dan jembatan tersebut berstatus sebagai jalan nasional maka secara kewenangan itu berada pada Pemerintah Pusat melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional. Namun menurutnya, Pemprov Sumbar tentu akan ikut membantu sesuai dengan kewenangan yang ada.

Ia mengaku bersyukur, jembatan kembar tersebut tidak rusak semuanya. Sehingga, salah satu ruasnya tetap bisa dilewati kendaraan. Sementara untuk ruas yang rusak kondisinya tidak bisa dilewati dan telah ditutup sejak salah satu tiang penopang jembatan tergerus oleh arus banjir, Rabu (20/9) lalu. Meski demikian, arus transportasi di titik tersebut menjadi agak tersendat dan berpotensi macet.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi ingatkan Pentingnya Ilmu dan Iman untuk Seorang Muslim

Sementara itu, untuk badan jalan yang terban di Silungkang Oso akibat banjir, kondisinya hampir sama dengan Jembatan Kiambang yang berbahaya untuk dilewati.

“Kita berharap jalan dan jembatan ini bisa segera diselesaikan agar jalur lintas dari Sumbar ke Riau dan Sumbar ke Jakarta bisa kembali lancar,” kata Mahyeldi.

Selain menyorot kondisi jalan dan jembatan yang rusak itu, pada hari yang sama Menteri PUPR juga melakukan peninjauan proyek pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru ruas Padang-Sicincin yang saat ini masih dalam proses pengerjaan. (Adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *