Sumbar  

Wakil Wali Kota Solok Hadiri Pembukaan Kemah Bela Negara Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Mentawai

Mentawai
Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra, Wagub Sumbar Audy Jonaldy dan Pejabat lainya, diacara Pembukaan KBN tahun 2023

Solok – Wakil Wali Kota Solok, yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok, Ramadhani, turut menghadiri Pembukaan Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023. Acara tersebut digelar di Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Senin (13/11/2023).

Ramadhani di dampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Heppy Darmawan, SS, M.Si, dan Kasatpol PP Kota Solok, Zurkarnaini, AP, M.Si, menunjukkan komitmen kuat Kota Solok terhadap kegiatan kepramukaan dan bela negara.

KBN 2023 berlangsung selama 5 hari, dimulai dari tanggal 11 hingga 15 November 2023, dengan tema “Bangga, Bangun Semangat Juang”. Sebanyak 48 kontingen turut ambil bagian, terdiri dari 24 kontingen putra dan 24 kontingen putri, masing-masing dengan 21 anggota.

Baca Juga  Hansastri Melantik 160 Dewan Pengurus Korpri Unit Lingkungan Pemprov Sumbar Masa Bakti 2023-2028

Partisipasi dalam kegiatan ini melibatkan 17 Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten/Kota se-Sumbar, 1 kontingen tuan rumah (Mentawai), dan 6 Kwartir Ranting (Kwaran) dari Mentawai. Selain itu, 80 peserta peninjau turut serta dengan biaya mandiri.

Kemah Bela Negara ini mencakup tiga kegiatan, yakni kegiatan umum, kegiatan khusus, dan Lomba Cerdas Tangkas (LCT). Ketua Kwarda 03 Sumatera Barat, yang juga Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, menyampaikan terima kasih kepada Kabupaten Kepulauan Mentawai sebagai tuan rumah pertama KBN di Sumatera Barat tahun 2023.

“Adik-adik Pramuka, pelajarilah kebudayaan Bumi Sikerei ini, Pramuka itu identik dengan kedisiplinan,” kata Audy Joinaldy, mengajak para peserta untuk memahami dan menghargai kekayaan budaya Mentawai.

Baca Juga  Uang Baru Senilai Rp3 Miliar Disalurkan ke Mentawai dalam Program Bank Indonesia

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak, menyambut para peserta dengan harapan bahwa KBN ini dapat membangkitkan semangat gerakan Pramuka di Sumatera Barat, khususnya di Mentawai. “Semoga melalui Kemah Bela Negara ini, dapat membangkitkan kembali semangat gerakan Pramuka di Sumatera Barat, khususnya Mentawai,” ucapnya.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *