Sumbar  

Jorong Buluh Kasok Dihantam Banjir Setinggi 1,5 Meter

Longsor
Petugas BPBD Kabupaten Limapuluh Kota membersihkan sisa material lumpur yang masuk ke dalam sekolah pasca banjir pada Selasa (24/10/2023) malam.

Sarilamak – Pusat Kendali Operasi dan Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota melaporkan insiden longsor dan banjir yang mengenai Jorong Buluh Kasok, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Sumatera Barat (Sumbar). Kejadian ini mengakibatkan tinggi air mencapai 1 hingga 1,5 meter.

Peristiwa tersebut terjadi pada malam Selasa (24/10/2023), dan dampaknya berupa terendamnya rumah-rumah warga dan fasilitas umum.

Rahmadinol, Kepala BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, mengungkapkan, beberapa fasilitas umum yang terkena dampak banjir antara lain adalah sebuah Sekolah Dasar (SD) dan sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jorong Buluh Kasok.

Baca Juga  Banjir Bandang Kabupaten Solok, Ini Biang Keladinya

Selain banjir, juga terjadi longsor di jalan penghubung antara Buluh Kasok, Kabupaten Limapuluh Kota, dengan Lipat Kain, Kabupaten Kampar, Riau.

“Banjir berlangsung selama enam jam pada malam Selasa (24/10/2023). Setelah kami menerima laporan, kami langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), tetapi akses jalan ke lokasi sempat terendam banjir, sehingga pembersihan hanya dimulai pada Rabu (25/10/2023),” kata Rahmadinol.

Pembersihan dilakukan oleh petugas kebencanaan dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Limapuluh Kota. Masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dan lembah diimbau untuk tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem, terutama menjelang puncak musim hujan yang diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan terjadi pada awal bulan November 2023. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *