Sumbar  

Relokasi Masjid SMA 1 Sumbar, Gubernur Mahyeldi : Jadikan Sarana Membentuk Generasi Muda Sumbar yang Madani

Padang Panjang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyatakan bahwa keberadaan masjid di kompleks sekolah sangat penting, sebagai sarana pembentukan generasi muda Sumbar yang madani dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, memakmurkan masjid di sekolah adalah sebuah keharusan.

Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi di sela agenda peletakan batu pertama Relokasi Pembangunan Masjid Raudahtul Jannah di Kompleks SMAN 1 Sumbar, Kota Padang Panjang, Senin (9/10/2023). Gubernur berharap, agar masjid tersebut nantinya menjadi pusat berkegiatan bagi generasi muda di SMA 1 Sumbar.

“Jadikan masjid sebagai pusat pembentukan karakter anak yang berakhlakulkarimah, melalui penanaman dan pemantapan nilai Islam rahmatan lil alamin yang ramah, damai, dan menghargai perbedaan,” kata Mahyeldi.

Pembangunan masjid, katanya, bukan sekadar soal pembangunan fisik, melainkan juga terkait dengan upaya pembangunan mental, yang juga sealur dengan program Pemprov Sumbar untuk mewujudkan generasi muda Sumbar yang madani, unggul, dan berkarakter. Oleh karena itu, upaya pihak sekolah dalam merelokasi masjid di Kompleks SMA 1 Sumbar patut diapresiasi.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Serahkan Bantuan Hewan Ternak Kepada Kelompok Tani Ternak di Pasaman Barat.

“Relokasi masjid bukan hanya soal memindahkan tempatnya saja, karena tentu ini juga bertujuan agar masjid menjadi lebih layak, nyaman, sehingga makin banyak kegiatan yang bisa dilakukan nantinya,” ucap Gubernur lagi.

Fungsi masjid ke depan, sambung Gubernur, harus dioptimalkan sebagai tempat belajar, meningkatkan kreativitas, serta berekspresi bagi para remaja. Sebab, siswa tidak cukup hanya dibekali dengan Ilmu Pengatahuan dan Teknologi (IPTEK), melainkan juga harus dibekali dengan keimanan dan ketakwaan (IMTAQ).

Baca Juga  Tanggapi Inflasi, Wagub Sumbar Gelar FGD Bersama Forkompimda

“Terlebih, kita ditopang oleh landasan kekuatan Islam dalam membentuk kepribadian generasi milenial. Sehingga kita berharap generasi muda kita pada masanya nanti akan lebih unggul ketimbang generasi muda dari negara lain,” imbuh Gubernur lagi.

Di sisi lain, Kepala SMA 1 Sumbar, Surya Neti saat menyampaikan profil sekolah, menyebutkan bahwa SMA 1 Sumbar memiliki luas lahan 6,8 hektare, dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai. Namun di sisi lain, keberadaan masjid yang lebih nyaman diyakini akan ikut mendorong terciptanya generasi muda berkarakter Islami dari rahim SMA 1 Sumbar.

“Kiranya tidak berlebihan jika SMA 1 Sumbar mengembalikan fungsi masjid ini nantinya sebagai laboratrium pembentukan akhlakul karimah,” sebut Surya Neti. (Adpsb/Nov)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *