Di Hari Jadi ke-78, Sumbar Raih Segudang Penghargaan Nasional

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar
Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar

Padang – Provinsi Sumatera Barat memasuki usia ke-78 tahun, dan dalam perayaan ulang tahun ini, provinsi ini telah berhasil meraih sejumlah prestasi luar biasa dan membanggakan di tingkat nasional.

Keberhasilan ini tidak hanya merupakan hasil dari kepemimpinan yang kuat tetapi juga kolaborasi yang sangat baik antara provinsi ini dengan kabupaten dan kota di wilayah Sumatera Barat.

Gubernur H. Mahyeldi Ansharullah, yang memberikan sambutan pada perayaan Hari Jadi ke-78 Sumatera Barat, mengatakan, prestasi demi prestasi yang telah diraih oleh Sumatera Barat adalah hasil dari kolaborasi dengan semua pihak, bukan hanya pemimpin yang hebat.

Keberhasilan ini telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat, termasuk Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, serta lembaga dan kementerian lainnya.

Prestasi ini bukanlah pencapaian individu, tetapi hasil dari kerjasama yang erat antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan berbagai pihak, termasuk DPRD, kabupaten dan kota, instansi vertikal, BUMN/BUMD, pengusaha, dan berbagai komponen masyarakat.

Beberapa penghargaan yang telah diterima oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat antara lain:

  • Piagam Penghargaan Pelayanan Publik Kualitas Tinggi dari Ombudsman RI, yang diserahkan oleh Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzar Rafinus.
  • Piagam Penghargaan dari Menteri Sosial RI atas kesuksesan pemprov dalam menghelat perayaan HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) tingkat Nasional.
  • Anugerah Merdeka Belajar 2023, yang diberikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI atas keberhasilan dalam transformasi anggaran APBD untuk sektor Pendidikan.
  • Penghargaan Pembina K3 Terbaik 2023 dari Menteri Ketenagakerjaan RI.
  • Penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2023 dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah.
  • Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI, diberikan oleh Menteri Pertanian atas inovasi dalam bidang pertanian.
  • Satyalancana Wira Karya, yang juga diberikan pada momen yang sama, kepada Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.
  • Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia 2023, yang diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.
  • Penghargaan Tertinggi Bidang Koperasi Bintang Adidaya Jagadita dari Dekopin.
  • Anugerah Penggerak Koperasi Utama dari Dekopin, yang juga diberikan kepada Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.
  • Lencana Satya Utama Inovasi Desa, yang diberikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
  • Anugerah KPAI 2023 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
  • Penghargaan Mitra Kerja Kemenkumham RI dari Menteri Hukum dan HAM atas kontribusi dalam melampirkan surat harmonisasi Kanwil Kemenkumham Sumbar.
  • Nirwasita Tantra 2022 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  • Penghargaan dari BP2MI atas upaya penindakan dan penegakan hukum terhadap sindikasi kejahatan terhadap pekerja migran Indonesia.
  • Penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Pengelola DAK Fisik Terbaik Semester 1 Tahun 2023, yang diberikan oleh Plt. Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).
Baca Juga  Gubernur Sambut Kedatangan Wapres di Padang

Prestasi ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam memajukan daerah mereka dan juga kerjasama yang kuat dengan berbagai pihak untuk mencapai kesuksesan ini. Prestasi ini adalah bukti komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memajukan berbagai sektor pembangunan, serta mendorong inovasi dalam pelayanan publik dan sektor lainnya.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Launching BESTIE, Ajak ASN Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris

Penghargaan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, pertanian, pariwisata, koperasi, dan lingkungan hidup menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah berhasil mencapai prestasi yang signifikan di berbagai sektor yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, penghargaan dalam bidang perlindungan anak dan penegakan hukum terhadap pekerja migran Indonesia juga menunjukkan kepedulian Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terhadap hak-hak warganya, termasuk anak-anak dan pekerja migran.

Semoga penghargaan-penghargaan ini menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia untuk terus berusaha dan berinovasi dalam memajukan daerah mereka serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selamat kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat atas pencapaian yang luar biasa ini, dan semoga kesuksesan ini terus berlanjut dalam upaya membangun Sumatera Barat yang lebih baik di masa depan.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar, Supardi, mengingatkan bahwa tanggal 1 Oktober 1945 merupakan Hari Jadi Provinsi Sumbar sebagai kesatuan masyarakat dan daerah dalam NKRI.

Penetapan ini tidak mengurangi makna dan eksistensi daerah Sumatera Barat yang sudah ada jauh sebelumnya.

Sejarah panjang Sumatera Barat, baik sebelum maupun setelah ditetapkan sebagai Hari Jadi pada 1 Oktober 1945, telah membawa daerah tersebut melalui berbagai pasang surut.

Meskipun banyak kemajuan yang telah dicapai, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi. (adv)

#adv#pemprov sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *