Sumbar  

Gubernur Sumbar Serahkan Penghargaan Camat Terbaik Tingkat Provinsi 2023

Padang – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menyerahkan penghargaan kepada Camat terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk tahun 2023 di Padang, Minggu malam (1/10/2023). Berdasarkan hasil penilaian Tim Juri, Camat Payakumbuh Utara, Jhoni Parlin terpilih menjadi Camat terbaik se Provinsi Sumbar.

Dalam sambutannya Gubernur Mahyeldi mengatakan, penghargaan dan penilaian ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemprov Sumbar untuk memotivasi para Camat untuk terus meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan tugas dan kewenangannya sehari-hari di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat.

“Dengan penghargaan ini, kita berharap para Camat bisa meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Mahyeldi.

Menurut Gubernur, Camat memiliki peran yang sangat strategis dalam tataran pemerintahan karena bisa melaksanakan tugas atributif yang melekat kepada jabatannya, juga bisa mengemban tugas delegatif yang diberikan oleh kepala daerah.

“Kita mendorong agar kedepan, bupati/wali kota bisa lebih memahami dan memaksimalkan fungsi Camat. Salah satunya dengan mendelegasikan beberapa kewenangan kepada mereka, agar kontribusinya menjadi lebih besar untuk masyarakat,” harap Mahyeldi.

Baca Juga  Jawaban Anggota DPR RI, Nevi Zuairina di Luar Dugaan, Ketika Diusulkan agar Maju Jadi Cagub Sumbar

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Sumbar, Doni Rahmat Samulo mengatakan penilaian Camat Terbaik Sumbar 2023 diikuti oleh 16 orang camat dari sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar.

Proses penilaian dilakukan oleh Tim Penilai yang beranggotakan para pamong senior seperti, Drs. H. Aristo Munandar; Drs. Alwis; dan Andri Yulika, SH, M.Hum. Tahapan penilaian dibagi kedalam dua tahap dan dimulai sejak Agustus hingga September 2023.

Berdasarkan penilaian tersebut, Camat Payakumbuh Utara, Jhoni Parlin, S.STP, M.Si terpilih menjadi Camat Terbaik se Provinsi Sumbar dengan total raihan nilai 341,29. Diketahui sebelumnya, Jhoni Parlin berhasil melahirkan dan menerapkan sejumlah inovasi dalam pelayanan masyarakat, diantaranya inovasi LIMOSIN (Lima Ribu Setiap Senin), LABU MADU MAS, (layanan Bersama untuk menindak lanjuti pengaduan Masyarakat), dan inovasi GELIAT PAYAKUMBUH UTARA, (Gerakan peduli masyarakat kecamatan payakumbuh Utara).

Baca Juga  Gubernur Sumbar Lantik Lima Pejabat Eselon II Lingkup Pemprov Sumbar

Sementara peringkat II diraih oleh Camat Padang Selatan, Kota Padang, Jasman, S.Sos, MM dan peringkat III diraih Camat Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, Denny Anggara, S.STP, MEc Dev.

Kemudian harapan I Camat Ampek Angkek Kabupaten Agam, Ekko Espito, SSTP, MA; harapan II Camat Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Arief Gani, S.STP; dan harapan III Camat Pariaman Utara, Ahadi Nugraha, S.STP, M.Si.

Penyerahan penghargaan tersebut digelar, bersamaan dengan Malam Resepsi Hari Jadi Provinsi Sumbar ke 78 yang dihadiri oleh seluruh mantan Gubernur/Wakil Gubernur; mantan Dirjen Otda Kemendagri Johermansyah Johan; seluruh unsur Forkopimda Provinsi Sumbar; Bupati/Wali Kota se Provinsi Sumbar; Kepala Instansi Vertikal; dan Kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar; serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya. (Adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *