Sumbar  

Gubernur Mahyeldi Serahkan Bantuan Hewan Ternak Kepada Kelompok Tani Ternak di Pasaman Barat.

Pasaman Barat – Guna meransang peningkatan ekonomi masyarakat setempat, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menyerahkan bantuan hewan ternak kepada sejumlah Kelompok Tani (Keltan) Ternak di UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Ruminansia Aie Rundiang Kab. Pasaman Barat, Kamis (28/9/2023).

“Ini merupakan bahagian dari Program Unggulan kita dalam mensejahterakan masyarakat. Kita harapkan, bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh para anggota kelompok tani ternak dengan sebaik mungkin, hingga bisa semakin berkembang dari waktu ke waktu,” harap Mahyeldi.

Adapun jenis hewan ternak yang diserahkan Gubernur tersebut adalah itik, ayam, dan puyuh, serta kambing dan vaksin PMK. Dengan rincian peruntukan untuk jenis hewan ternak Ayam sebagai berikut, Keltan Sinar, Keltan Bina Tani, Keltan Bolak, Keltan Simpang Gadang sejahtera, Keltan Mawar Mekar.

Sedangkan untuk bantuan jenis hewan ternak Itik diperuntukan kepada KWT Duren Sari, KWT Nusa Indah, KWT Kasih Ibu, KWT Srikandi Ibu, KWT Srikandi Tani dan KWT Sri Murni. Kemudian bantuan jenis hewan ternak Puyuh diserahkan kepada Keltan Harapan dan Kelta Sembodo. Selanjutnya, jenis bantuan hewan ternak Kambing diserahkan kepada Keltan Sri Jaya I, Keltan Karya Mandiri, Keltan Air Terjun dan KWT Citra Mandiri.

Baca Juga  Kolaborasi Dengan Lembaga Anti Narkoba Sumbar, Wagub Sumbar : Proteksi Terhadap Narkoba Adalah Keharusan

“Dengan bantuan ternak yang kita serahkan kepada kelompok ternak di Air Rundiang ini, diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat setempat dan bisa meningkatkan ketersediaan pangan di Sumbar,” harapnya.

Lebih lanjut Gubernur menuturkan, pada tahun 2023 ini Pemprov Sumbar melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.44.932.848.440 untuk belanja barang berupa hewan ternak untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan kelompok tani ternak di seluruh Sumbar.

Dari total anggaran tersebut, pengalokasian bantuan untuk Pasaman Barat senilai Rp.5.695.097.550. Dengan pengalokasian besaran bantuan berdasarkan jenisnya antara lain, hewan ternak Ayam sebanyak senilai Rp.4.186.492.800 untuk 48 kelompok . Hewan ternak Itik senilai Rp. 419.296.750 untuk 5 kelompok. Hewan ternak Puyuh senilai Rp.497.918.400 untuk 2 kelompok, Hewan ternak Kambing senilai Rp. 591.389.600 untuk 4 kelompok.Gubernur juga menyebut, saat ini total kelompok ternak yang ada di Sumbar sebanyak 470 Kelompok Ternak. Dengan rincian kelompok ternak Ayam sebanyak 360 kelompok, itik sebanyak 70 kelompok, dan puyuh sebanyak 10 kelompok, serta kambing ada sebanyak 30 kelompok.

Baca Juga  Mentan, Minta Gubernur Sumbar Siapkan Konsep Pengembangan Sentra Bawang Merah, Ada Anggaran yang Siap Dikucurkan

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan Sumbar, diwakili oleh Sekretaris Dinas Zed Abbas mengatakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, distribusi bantuan tidak diperuntukan kepada pribadi masyarakat langsung. Melainkan hanya bisa diperuntukan bagi kelompok tani ternak yang telah terdaftar.

“Bantuan ini hanya bisa diterima oleh kelompok tidak bisa pribadi, itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas Zed Abbas.

Sebagai pendamping para kelompok tani ternak, yang bertugas melakukan pembinaan dan pengawasan, kami berharap program unggulan yang dicanangkan Bapak Gubernur Mahyeldi ini dapat meningkatkan nilai tambah dan mensejahterakan masyarakat tani Sumbar. (Adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *